Meningkatkan Partisipasi Diskusi Kelompok Belajar Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Homework Assignment

Dandy Prasetya, Syarifuddin Dahlan, Redi Eka Andriyanto

Abstract


The problem in this study is participation in low student group discussion. The purpose of this study is to determine the use of guidance services group homework assignment techniques to increase participation in the discussion group learning. The research method is pre experiment method with one group pretest-posttest design and analyzed with non parametric statistic using T-test. Research subjects were 25 students who participated in low, medium and high group study discussions. The results showed that there was an increase of participation in the study group discussion by using the guiding group of homework assignment technique, it is shown the result of data analysis using independent sample t-test, based on the gain score of group t output> t table (26,336> 2.064) then Ho is rejected and Ha accepted. conclusion there is increasing participation of student in discussion group study by using guidance group homework assignment technique.

Masalah dalam penelitian ini adalah partisipasi dalam diskusi kelompok belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik homework assignment untuk meningkatkan partisipasi dalam diskusi kelompok belajar. Metode penelitian adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dan dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji T-test. Subjek penelitian sebanyak 25 orang siswa yang memiliki partisipasi dalam diskusi kelompok belajar yang rendah,sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dalam diskusi kelompok belajar dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik homework assignment, hal ini ditunjukkan hasil analisis data dengan menggunakan independent sample t-test, berdasarkan gain score kelompok t output > t tabel (26,336 > 2,064) maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan terdapat peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok belajar dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik homework assignment.

Kata kunci: bimbingan kelompok, homework assignment, partisipasi



Full Text:

PDF

References


Affandi, Rian, 2017. Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (Home Work) Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. (http://digilib.unila.ac.id/28565/3/skripsi%20tanpa%20bab%20pembahasan.pdf.

Afrianti, Nurul. 2014. Cognitive Behavioral Therapy: Sebuah Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. (http://jurnal.upi.edu/pedagogikpendas/view/3270/cognitive-behavioral-therapy:-sebuah-upaya-meningkatkan-keterampilan-sosial-siswa-sekolah-dasar.html).

Aulia, Rizki. 2012. Mengatasi Learned Helplessness Pada Siswa Tinggal Kelas Melalui Konseling Rasional Emotif Teknik Homework Assignments. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/1075)

Chaerani, Nurisa , 2012. Pengaruh Penggunaan Homework Clubs (Kelompok Pr) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Ittaqu MenanggalSurabaya.(http://digilib.uinsby.ac.id/10293/).

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara).

Riries, Gus, 2014. Meningkatakan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individu Teknik Homework Assigment. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3755)

Romadoni, Anggi. 2017. Implementasi Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Dengan Teknik Homework Assignments Dapat Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Peserta Didik Di Mtsn 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. (http://repository.radenintan.ac.id/2346/)

Sari, Brama, 2016. Bimbingan Konseling Rational Emotif Behaviour Therapy Teknik Homework Assigment Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Di Smp Negeri 3 Terbanggi Besar Tahun Ajaran 2016/2017. (http://repository.radenintan.ac.id/193/)

Sudjana. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: PT Falah Production.

Suwandy, Etry. 2012. Keefektifan Penggunaan E-Learning Moodle untuk Pekerjaan Rumah Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas X SMAN 4 Padang (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/1759)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.