Peningkatan Efikasi diri dalam Belajar Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Teknik Latihan Asertif

Tri Maulita, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The problem of this research is the self efficacy in learning is low and medium. The purpose of this study was to improve self efficacy in learning by using counseling services assertive training group of student in grade XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung academic year 2017/2018. This research method was pre-experimental design with One Group Pretest Posttest Design. The subjects of this study were 6 students, data collection techniques using self efficacy scale in learning, the result using different test Wilcoxon, from the results of statistical analysis showed Zhitung= -2,201< Ztabel = 1,645 then Ha accepted and Ho rejected. The conclusions in this study that efikasi diri in learning can be improved by using counseling services using assertive training group of students in grade XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung year 2017/2018.

Masalah penelitian ini adalah efikasi diri dalam belajar yang rendah dan sedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar menggunakan layanan konseling kelompok teknik latihan asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa, Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dalam belajar. Hasil penelitian menggunakan uji beda Wilcoxon, dari hasil analisis dengan statistik menunjukkan Zhitung=-2,201 < Ztabel = 1,645 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini efikasi diri dalam belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik latihan asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: efikasi diri, konseling kelompok, teknik latihan asertif


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Koestoro, Budi. 2006. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju.

Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Dewi. 2012. Efikasi Diri, Penyesuaian Diri dan Kecemasan Berbicara didepan Umum. Program Studi Mpsi, UNTAG Surabaya. H:27-49.

Feist, J & Feist, G. J. 2010. Teori Kepribadian, Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.

Frensterheim dan Baer. 2011. Perilaku Asertif.www.Duniapsikologi.com. Online. Diakses pada Tanggal 17 Januari 2014).

Ghufron dan Risnawati. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Medi

Prayitno dan Erman. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2002. Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sukardi, D. 2007. Pengantar Pelak-sanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.