Peningkatan Konsep Diri Menggunakan Pendekatan Client Centered

Lilis Marlia, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of research was to find out the improvement of self concept using the of client centered approach. The research method was qualitative descriptive by using case study. Research subjects were 3 students who had low positive self concept. Data collection techniques use self-concept scale. Data analysis with data reduction techniques, data presentation and data verification. The results of counseling research indicate that the improvement of self concept using client centered approach can be used in students. This can be proved by the change of the three subjects after the implementation of counseling, such as students know the advantages and weaknesses, more positive thinking and confident of the ability possessed. The conclusion of this research is self concept can be improved by using client centered approach at student of grade XI.

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan konsep diri menggunakan pendekatan client centered. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa yang memiliki konsep diri positif yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri. Analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian konseling menunjukkan bahwa peningkatan konsep diri menggunakan pendekatan client centered dapat digunakan pada siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan konseling dilakukan, seperti siswa mengetahui kelebihan dan kelemahan, lebih berfikir positif dan yakin terhadap kemampuan yang dimiliki. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan client centered dapat digunakan untuk meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, pendekatan client centered, konsep diri.


Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: Rafika Aditama.

Azwar, Saifuddin. 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Ghufron, M.N. & Rini R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Komalasari,Gantina, Eka Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, Muhammad. 2003. Pengantar Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.