Peningkatan Konsep Diri Menggunakan Pendekatan Client Centered
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan konsep diri menggunakan pendekatan client centered. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa yang memiliki konsep diri positif yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri. Analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian konseling menunjukkan bahwa peningkatan konsep diri menggunakan pendekatan client centered dapat digunakan pada siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan konseling dilakukan, seperti siswa mengetahui kelebihan dan kelemahan, lebih berfikir positif dan yakin terhadap kemampuan yang dimiliki. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan client centered dapat digunakan untuk meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, pendekatan client centered, konsep diri.
Full Text:
PDFReferences
Agustiani, H. 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: Rafika Aditama.
Azwar, Saifuddin. 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.
Ghufron, M.N. & Rini R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Komalasari,Gantina, Eka Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, Muhammad. 2003. Pengantar Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.