Peningkatan Regulasi Diri Dalam Belajar Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Pekerjaan Rumah
Abstract
This research issue was the lowness of self regulation learning. Problems research was " whether self regulation learning grade VII students can be improved using group counseling with homework assignment technique ".The method in this research was one-group pretest-posttest design. Research subjects were 6 students of class VII. Data was collected used self regulation learning scale. Results of data analysis used wilcoxon test obtained Zcalc = -2.226 result was less than Ztabel = 1,645, than Ho was rejected and Ha was accepted, meaning there was a significant increase in self regulation learning before and after counseling group of homework assignment techiques. The analysis also showed an increase of 11,9%. The conclusion was that self regulation learning could be improved using group counseling with homework assignment technique at grade VII.
Masalah penelitian ini adalah regulasi diri dalam belajar yang rendah. Permasalahan penelitian adalah Apakah regulasi diri dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok teknik homework assignment. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh hasil Zhitung = - 2,226 hasilnya kurang dari Ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ternyata terdapat peningkatan yang signifikan pada regulasi diri dalam belajar sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik homework assignment. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 11,9%. Kesimpulanya adalah regulasi diri dalam belajar dapat ditingkatkan menggunakan konseling kelompok teknik homework assignment pada siswa kelas VII.
Kata kunci:konseling kelompok, pekerjaan rumah, regulasi diri dalam belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. S. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.
Aulia. R. 2012. Meningkatkan Regulasi Diri dengan Konseling Kelompok. Indonesia Journal of Guidance and Counseling Theory and Application, 1 (1): 2012.
Azwar. S. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Boekerts. M. 2000. Handbook of Self Regulation. California: Academic Press.
Ghufron. M. 2011. Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Husairi. A. 2008. Manajemen Konseling di Pelayanan Bimbingan dan Sekolah. Bogor: Arya duta.
Komalasari. G. 2011. Teori dan teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
Mujiburrahman. M. 2012. Pengaruh Teknik Pekerjaan Rumah Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar. Jurnal Pedagogy, 2 (1): 132.
Santrock. W. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.