Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar
Abstract
The problem of this study was the lowness of students learning achievement. The purpose of this study was to determined the correlation of parenting patterns to the student learning achievement. Population amounted to 240 students and research samples as many as 133 students determined by simple random sampling technique. Data collection technique used parenting patterns questionnaires and documentation of report cards for learning achievement. Data analysis using product moment correlation. Result show there was significant correlation between authoritative parenting with student learning achievement based rcount = 0,503 > rtable = 0,304. The conclusion of this research there was significant correlation between authoritative parenting with student learning achievement.
Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa. Populasi berjumlah 240 siswa dan sampel berjumlah 133 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orang tua dan dokumentasi raport prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang siginifikan antara pola asuh orang tua otoritatif dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan nilai rhitung = 0,503 > rtabel = 0,304. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang tua otoritatif dengan prestasi belajar.
Kata kunci:hubungan,pola asuh orang tua, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Musaheri. 2007. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Nurmah. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Kelas II dan III. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi. Volume 8, Nomor 1.
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak Jilid Dua. Jakarta: PT Glora Aksara Pratama.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tolada, T. 2012. Hubungan Keterlibatan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Di SDIT Permata Hati Banjarnegara. Jakarta: Universitas Indonesia
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.