Peningkatan Keberanian Siswa Berbicara Dalam Diskusi Kelas Menggunakan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training
Abstract
The problem of this research is the courageousness of students to speak in a class discussion. The purpose of this research is to find out the improvement of students' courage to speak in class discussion using assertive training technique. This research used quasi experimental method with pretest posttest design. The subjects of this research were 20 students. Observation technique was used to collect the data. The result of the research shows that there is an improvement of speaking courageousness using assertive training technique, it is shown from the improvement of speaking courage 27,35% and result of data analysis using paired sample t-test, obtained tcount> ttable (16.522 > 2.086). The conclusion of the study is that there is an improvement in students' speaking courageousness after having a group counseling using assertive training techniques. .
Masalah penelitian ini adalah keberanian siswa berbicara dalam diskusi kelas. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan keberanian siswa berbicara dalam diskusi kelas dengan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest design. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keberanian berbicara dengan teknik assertive training, hal ini ditunjukkan dari peningkatan sebesar 27,35% dan hasil analisis data dengan menggunakan paired sample t-test, diperoleh thitung> ttabel (16.522 > 2,086). Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan terhadap keberanian berbicara pada siswa setelah pemberian konseling kelompok dengan teknik assertive training.
Kata kunci: assertive training, keberanian berbicara, konseling kelompok
Full Text:
PDFReferences
Arumsari, Cucu. 2017. Strategi Konseling Latihan Asertif Untuk Mereduksi Perilaku Bullying. (https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/download/23/7).
Arzia Purita, Sumedi P. Nugraha 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) 'X' di Yogyakarta Melalui Pelatihan Asertivitas. (http://www.jurnal.uii.ac.id/index.php/intervensipsikologi/article/view/7750).
Alvonco, Johnson. 2014. Practical Communication Skill. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Corey, G. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.
Gunarsah, S.D. 2007. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Jannah, Izzatul.2006. Pengembangan Diri Remaja: Every Day is Pede Day. Solo: Era Eureka.
Marini, 2008. Penggunaan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Bandar Lampung.(digilib.unila.ac.id/10775/21/BAB%20II.pdf).
Muttakin, I. & Heryana, N. 2016. Peningkatan Keberanian Dalam Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. (http://portalgaruda.ilkom.unsri.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=385166).
Novianti, M.C. 2015. Perilaku Asertif Pada Remaja Awal. (www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/Artikel_10503107.pdf).
Oktavisa, Mitra. 2015. Pelatihan Assertive Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Anggota HIMA Prodi Psikologi FIP UNESA. (ejournal.unesa.ac.id/article/7146/17/article.pdf, diakses pada Juli 2017).
Pramesti, AD. 2016. Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Pelatihan Asertif Pada Siswa Kelas Viiib Smp Negeri 1 Berbah. (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipbk/article/view/4986).
Pratama, Rian. 2014. Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Pelatihan Asertif Pada Siswa Kelas VIII C SMP N 2 Bukateja Tahun Pelajaran 2013/2014.(eprints.uny.ac.id/13250/1/SKRIPSI.pdf).
Purwanta, Edi. 2012. Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.