Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Rencana Pemiihan Karier
Abstract
The problem was lack of understanding of career selection plan. The researched purpose was to know the corelation between self-regulation learning with career selection plan. This researched method is correlational. The researched sample was 44 students and the population amounted to 219 students determined by simple random sampling technique. Data collection techniques using self-regulation scales in learning and career selection plans. Analysis data of this research was using Product moment correlation. The research result showed that there was a positive and significant relationship between self-regulation learning with career selection plan. This is indicated from the results of calculated by T-count>T-table (0,426 > 0,297) with P Value = 0,426 then Ho rejected and Ha accepted. The conclusion of this research that positive and significant corelation between self-regulation learning with career selection plan at grade XI students of SMAN 11 Bandar Lampung I n school year 2017/2018
Masalah penelitian ini adalah kurangnya pemahaman rencana pemilihan karier. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan rencana pemilihan karier. Metode penelitian ini adalah korelasional. Sampel penelitian sebanyak 44 siswa dan populasi berjumlah 219 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar dan rencana pemilihan karier. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan rencana pemilihan karier. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung > rtabel (0,426 > 0,297 ) dengan nilai P = 0,426. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan rencana pemilihan karier siswa kelas XI SMAN 11 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci : hubungan, regulasi diri dalam belajar, rencana pemilihan karier
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
Hurlock, E. B. 1990. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Manrihu. 1998. Pengaruh Bimbingan Dan Konseling Karier. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan.
Mastuti, E. 2006. Memahami Perilaku Prokontraminasi Akademik Berdasar Tingkat Self Regulation Learning Dan Trait Kepribadian. (Laporan Penelitian DIPA PNBP Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Airlangga).
Papalia, D. E, and Old, S. W. 2001. Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Rachadiani. 2002. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Pilihan Karier Siswa. (https:/text-id.123dok.com/document/lzggk8xvz-hubungan-antara-konsep-diri-dengan-pilihan-karier-siswa.html. Online. Diakses Pada 9 Januari 2017).
Schunk. 2008. Self-Regulation Of Learning And Performance; Issue And Educational Aplication. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumanto. 2014. Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).
Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.