Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII

Aditya Purnama, Yusmansyah Yusmansyah, Shinta Mayasari

Abstract


The problems of this research was "whether Students Learning Motivation could be improved through group guidance services". The purpose of the research was to determine whether there was an increase in Students Learning Motivation through group guidance in students of grade VII junior high school 13 Bandar Lampung. The method in this research was one-group pretest-posttest design. Research subjects were 10 VII students of class VII. Data analyzed techniques used Students Learning Motivationscale. The analyzed data using Wilcoxon test obtained 0.005 the probability which less than 0.05 it meants Ho was rejected and Ha was accepted, meant that there was increase in Students Learning Motivation before and after being given a group guidance service. The analysis also showed an increase of 48,84%. The conclusion was the Students Learning Motivation could be improved through group guidance services at junior high school 13 Bandar Lampung Lesson Year 2016/2017.

Permasalahan penelitian adalah Apakah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok secara tepat pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar siswa. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh angka probabilitas 0.005 yang kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan pada motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 48,84%. Kesimpulannya adalah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: bimbingan kelompok, bimbingan konseling, motivasi belajar siswa



Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Aqib, Z. 2012. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hakim, Thursan. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hartinah,Siti. 2009. Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Prayitno, Widodo dan Suprapto, 2002. Standarisasi Kompetensi Pegawai Negeri Sipil Menuju Era Globalisasi Global. Seri Kertas Kerja Volume II Nomor 05. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan BKN.

Prayitno.2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sardiman, AM. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.