Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Layanan Bimbingan Kelompok
Abstract
The purpose of this research was to know the improvement of interpersonal communication skill with group guidance service. The problem in this research was low student interpersonal communication skill. This research used the pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design. Subjects were 10 students with low interpersonal communication skills. The technique of collecting data was using observation. The result of data analysis with Wilcoxon test, from pretest result and posttest of student interpersonal communication skill showed that z arithmetic = -2,820 <ztabel = 1,645 then Ho was rejected and Ha was accepted.The conclusion was a significant increase.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal dengan layanan bimbingan kelompok . Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan komunikasi interpersonal siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan metodepre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posstest keterampilan komunikasi interpersonl siswa menunjukkan bahwa z hitung = -2,820<ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terjadi peningkatan yang signifikan.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, keterampilan komunikasi interpersonal
Full Text:
PDFReferences
Amin, S.M. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Enjang, A.S. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.
Hartinah, S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Joseph, A.D. 2011. Komunikasi Antar manusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
Santoso, S. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif RND. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sukardi, I.D. 2008. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Supratiknya. 2003. Komunikasi Antar pribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.