Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa
Abstract
The problem of this study was the low student learning independence. The purpose of this study was to determined the correlation of parenting patterns to the student learning independence. Population amounted to 278 students and research samples as many as 143 students determined by simple random sampling technique. Data collection technique used parenting patterns scale and learning independence scale. Data analysis using product moment correlation show there was a significant correlation between parenting patterns with student learning independence shown by the index of correlation rhitung = 0,185 > rtabel = 0,163, p = 0,27 < p = 0,05. The conclusion of this research were there was a positive correlation and significant between parenting pattern with student learning independence class X MAN 2 Bandar Lampung academic year 2017/2018
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar. Populasi berjumlah 278 siswa dan sampel penelitian sebanyak 143 orang siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua dan skala kemandirian belajar. Analisis data menggunakan korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan indeks korelasi sebesar rhitung = 0,185 > rtabel = 0,163, p = 0,27 < p = 0,05. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X MAN 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018
Kata kunci:hubungan,pola asuh orang tua, kemandirian belajar
Full Text:
PDFReferences
Ali dan Asrori. 2014. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Bumi Aksara.
Basri, H. 2000. Remaja Berkualitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dariyo, A. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Gunarsa, S. D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Jayantini, S., Sulastri, M., & Sedanayasa G. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1
Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014. E- Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Vol 2 No 1.
Kusmasdi. 2002. Ciri dari Pembelajar Mandiri yangMerupakan Tantangan Untuk Direalisasikan. http://rumahinspisi.com/materi eBokBelajar Mandiri RI.pdf (12 februari 2017).
Mulyadi, S, Basuki, H, & Rahardjo W. 2016. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Papalia, E, Wendkos, S, & Feldman D. 2008. Human Development. Jakarta : Kencana.
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Siswoyo, D. 2001. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.