Penggunaan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa

Catur Yuli Untari, Syarifuddin Dahlan, Ratna Widiastuti

Abstract


The problem of this research was the low of students self-esteem. The purpose of this research was to improve studentss self esteem using Solution Focus Brief Therapy (SFBT) by group counseling. The method used in this research was quasi experimental designs with non-equievalent control group design techniques. The data collecting technique used Rosenberg Self-Esteem Scale which was adopted by Azwar. From the result analysis which used paired sample t-test , it was obtained that t value is 10,464 with 5% (0,05) signification and t table is 2,365, it means that t value > t table (10,464 > 2,365) , then H0 was rejected. The finding suggest Solution Focus Brief Therapy (SFBT) by group counseling was effective to improve students self-esteem.

Masalah penelitian ini adalah harga diri siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan harga diri siswa menggunakan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) melalui layanan konseling kelompok. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian non equievalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale yang diadpopsi dari Azwar. Hasil analisis dengan menggunakan paired samplet-testdengan nilai t hitung 10,464 taraf signifikansi 0,05 dan nilai t tabel 2,365, hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (10,464 > 2,365) maka H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) melalui layanan konseling kelompok efektif meningkatkan harga diri siswa.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, harga diri, konseling kelompok, solution focusbrief therapy


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2012. Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baskoro,D.S.B. 2013. Modul Solution Focus Brief Group Therapy untuk Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Sains dan Praktik Psikologi, 1 (1) :14-25.

Fitri, E. 2016. Hubungan antara Self-Esteem dengan Perilaku Compulsive Buying pada Remaja Anggota Hansamo. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Emler, n. 2001. Self-Esteem : the costs and causes of low self-worth. Layerthorpe: Joseph Rowntree Foundation.

Gladding, S. 2015. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks.

Kurnanto, M. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta

Handayani, G. 2008. Hubungan Antara Harga Diri Dan Citra Tubuh Pada Remaja Putri Yang Mengalami Obesitas Dari Sosial Ekonomi Menengah Atas. Jakarta: Universitas Indonesia

Kim, J.S. 2008. Examining the Effectiveness of Solution Focus Brief Therapy: A Meta Analysis. Research on Social Work Practice, (Online), 18(2):107-116, (http:/rsw.sagepub.com/), diakses 11 Januari 2017.

Newsome, W.S. 2004. Solution Focus Brief Therapy Groupwork With At-Risk Junior High School Student : Enhancing the Bottom Line. Research on Social Work Practice, (Online), 14(5): 336-343, (http:/rsw.sagepub.com/) diakses 11 Januari 2017.

Newsome, W.S & Kelly,M. 2004. Grandparents Raising Grandchildren : A Solution Focus Brief Therapy Approch in School Settings. Social Work with Group, (Online), 27(4): 65-84, (http: /www.tandfonline.com/loi/wswg20), diakses 11 Januari 2017.

Palmer, S. 2016. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratiwi, M.A & Nuryono. 2014. Penerapan SFBT untuk meningkatkan harga diri siswa kelas XI Bahasa SMA Al- Islam Krian. Jurnal BK 4(3), 1-7.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Saadatzaade, R & Khalili, S. 2012. Effect of Solution Focus Group Counseling on Students Self Regulation & Academic Achievement. International Journal for Cross-Disclipinary Subjects in Education (IJCDSE), (Online), 3(3): 780-787, (http:/infonomics-society.org), diakses 12 Januari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.