Hubungan Regulasi Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa
Abstract
Problems in this study was the low carrier plan of students . The purpose of this reasearch was to know the correlation between self-regulation with students carier plan. Metod used in this reasearch is quantitatif describtion. Data analysis used product moment correlation. The sample were as many as 70 students in SMA Negeri 1 Seputih Agung acaemic tear at 2016/2017. The data collecting technique used the self-regulation scale and the carrier plan scale. The result of this reasearch was there was positif and significant relationship between self-regulation to student carrier plan with index ? = 0,000 <? = 0,05; Then Ho was rejected and Ha accepted with the value of correlation coefficient rcount 0,558> rtable 0,235. Conclusion the study was correlation between self reg
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perencanaan karier siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan perencanaan karier siswa. Metode penelitian yang digunkan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian adalah korelasi product moment. Sampel penelitian sebanyak 70 orang siswa di SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dan skala perencanaan karier. Berdasarkan analisis data korelasi product moment menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara regulasi diri dengan perencanaan karier siswa. Signifikan dengan indeks ? = 0,000 < ? = 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai koefisien korelasi rhitung0,558 > rtabel 0,235. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah regulasi diri memiliki hubunganpositif yang signifikan dengan perencanaan karier siswa.
Kata kunci: bimbingan konseling, perencanaan karier, regulasi diri
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.
Amri, Wicaksono Khairul.2015. Hubungan antara Self Efficacy dan Self Regulation dengan Perencanaan Karier pada Mahasiswa Semester 8 Universitas Semarang. Semarang: UNS.
Arikunto, S.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Syaifuddin. 2012. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Nofrita. 2008. Kontribusi Konsep Diri Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa. Bandar Lampung: Paper STKIP PGRI.
Ormrod,JeanneEllis.2008.Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Pajares,F.danTim Urdan. 2006. Self-Efficacy Beliefs of Adolscents. Connecticut: Information Age Publishing.
Prayitno, Duwi. 2009. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theorries Teori Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.