Penggunaan IEKAD untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Diri Vocational Mahasiswa

Anggi Yulia, Syarifuddin Dahlan, Ratna Widiastuti

Abstract


The problems of this research were students have not been able to mention the interest and talent, do not know the type of work to be selected after college.The purpose of this reasearch was to know using IEKAD can help to improve the students vocational understanding in Faculty of Teacher training and Education Unila. The method used whether in this research was pre-experimental designs with techniques of one grup pretest posttest. This research was done gradually and 15 students from different courses. Data collection technique was using questionnaires. From the result of calculation analysis using t-test, it was obtained that t value = 15.971> t table = 2,8 then Ho rejected. The finding suggest that the use IEKAD can help to improve students vocational self understanding.

Masalah dalam penelitian ini adalah mahasiswa belum mampu menyebutkan minat dan bakat bidang pekerjaannya ada dimana, belum tahu jenis pekerjaan yang akan dipilih setelah lulus kuliah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan IEKAD dapat membantu meningkatkan pemahaman diri vocational mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan design one grup pretest posttest. Penelitian ini dilakukan secara bertahap dan melibatkan 15 mahasiswa FKIP Unila dari 15 program study berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Hasil perhitungan analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai t hitung = 15.971> t tabel = 2,8 maka Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penggunaan IEKAD dapat membantu meningkatkan pemahaman diri vocational mahasiswa.

Kata kunci: bimbingan konseling, pemahaman diri vocational, IEKAD


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2014. Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baumeister, R. F., (1991). Meanings of Life. New York: Guilford Press

Dahlan, S. 1993. Penggunaan Inventori Eksplorasi Minat Jabatan Arahan Diri Sebagai Alat Bimbingan Karir Untuk Membantu Klien Memahami Pola Minat Jabatan. Tesis. Malang: IKIP Malang

Gibson, R L. M Mithcell. 2010. Bimbingan dan Konseling Pustaka

Pelajar: Yogyakarta.

Handoko, T.H.2013 Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Parsons,F. 1909. Choosing a vacation. Boston: Houghton Mifflin.

Santrock. J.W. (2003). Adolescence. Perkembangan Remaja. (edisi keenam) Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Surya, Moh. 1988. Dasar-dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori),

Yogyakarta: Kota kembang

Wiebe, R. L. 2001. The Influence of Personal Meaning on Vicarious Traumatization in Therapist.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.