Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Restu Dwi Fitria, Muswardi Muswardi, Shinta Mayasari

Abstract


The purpose of this study was to identify the influence of peers toward students learning motivation. The problem in this study was students low learning motivation. The research method was a description correlation. The samples were as many as 44 students who were determined by simple random sampling technique. The data collecting technique used the peers scale and learning motivation scale. Based on data analysis using simple linear regression analysis, it showed that there a was significant influence of peers toward learning motivation with p = 0,000 ; < 0,05 ; it mean Ho was rejected and Ha was accepted. The coefficient correlation score was = 0,701 and the coefficient of determination score was = 0,492 or 49,2% which could be interpreted that peers contributed as much as 49,2% toward the learning motivation.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Metode penelitian adalah korelasi dengan sudut pandang deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 44 orang siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar yang signifikan dengan p = 0,000 ; p < 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien korelasi = 0,701 dan nilai koefisien determinasi = 0,492 atau 49,2% dapat ditarfsirkan pergaulan teman sebaya memiliki kontribusi sebesar 49,2% terhadap motivasi belajar.

Kata kunci: bimbingan konseling, motivasi belajar, pergaulan teman sebaya

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Evi, A. 2014. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Program Studi Pendidikan Akutansi Universitas Muhammdiyah Surakarta. Halaman 9.

Giyono. 2015. Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Media Akademi.

Huda, A. 2013. Pengaruh Peranan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Halaman 7-12.

Hurlock, B. 2005. Psikologi Perkem-bangan. Jakarta: Erlangga.

Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Myers, D. G. 2012. Psikologi Sosial Terjemahan. Jakarta: Salemba Humanika.

Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock. J. W. 2007. Perkembangan anak Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Santrock. J. W. 2007. Remaja Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.