Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Metode penelitian adalah korelasi dengan sudut pandang deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 44 orang siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar yang signifikan dengan p = 0,000 ; p < 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien korelasi = 0,701 dan nilai koefisien determinasi = 0,492 atau 49,2% dapat ditarfsirkan pergaulan teman sebaya memiliki kontribusi sebesar 49,2% terhadap motivasi belajar.
Kata kunci: bimbingan konseling, motivasi belajar, pergaulan teman sebayaFull Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Evi, A. 2014. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Program Studi Pendidikan Akutansi Universitas Muhammdiyah Surakarta. Halaman 9.
Giyono. 2015. Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Media Akademi.
Huda, A. 2013. Pengaruh Peranan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Halaman 7-12.
Hurlock, B. 2005. Psikologi Perkem-bangan. Jakarta: Erlangga.
Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Myers, D. G. 2012. Psikologi Sosial Terjemahan. Jakarta: Salemba Humanika.
Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Santrock. J. W. 2007. Perkembangan anak Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Santrock. J. W. 2007. Remaja Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.