Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Play Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa

Riska Apriyanti, Yusmansyah Yusmansyah, Diah Utaminingsih

Abstract


The problem of this research was the lowness of the student assertive behavior. The objective was research to the increase in assertive behavior in students using role play technique. The research method used quasi experimental with one group pretest posttest design, then analyzed with a using the wilcoxon test. Data was collected with assertive behavior scale. The subject of the study were 7 students. who had assertive behavior was low. The results of statistical analysis showed they Zart = -2,366<Ztab = 0,018, it meant Ho was rejected and Ha accepted and the results of the analysis showed that the assertive behavior of the students there was an increase for 55%. This meant that there was a significant difference between assertive behavior before and after the group group counseling services. The counslusion of this research was that students assertive behavior couldbe in creased by using group counseling services in class X Madrassah Daarul Maarif Natar South Lampung

Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku asertif siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan perilaku asertif pada siswa dengan teknik role play. Metode penelitian menggunakan quasi experimental dengan teknik analisis one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data adalah skala perilaku asertif. Subyek penelitian sebanyak 7 orang yang memiliki perilaku asertif rendah. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis statistik menunjukkan Zhit = -2,366<Ztab = 0,018, maka Ho ditolak dan Ha diterima Artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara perilaku asertif sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelompok. Kesimpulan penelitian ini adalah perilaku asertif siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas X di Madrasah Daarul Maarif Natar Lampung Selatan

Kata kunci: konseling kelompok, bimbingan dan konseling dan perilaku asertif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Blatner, A. 2009. Role Playing In Education. Jakarta: Bumi Aksara.

Fantehaeim, H & Bear, J. 1980. Jangan Bilang Ya Bila Anda Akan Mengatakan Tidak. Jakarta: Gunung Jati

Hurlock, E. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Latipun. 2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Pres. 178

Lauter. 2002. Penuntun Menumbuhkan Harga Diri Bagi Remaja. Jakarta: Gramedia.

Lazarus, A. A. 1976. Patterns Of Adjustment. Tokyo: Mc Graw-Hill-Kogakusha Ltd

Lubis, L. 2011. Memahami Dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Marini & Andrani. 2005. Perilaku masusia, pengantar singkat tentang psikologi. Bandung: PT Refika Aditama

Nurihsan. 2007. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama

Sudjana. 2005. Metode Statistik kuantitatif dan kualitatif edisi ke enam. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&B.. Bandung: Afabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.