Peningkatan Self Control Melalui Konseling Kelompok Teknik Modelling Pada Siswa Kelas VIII
Abstract
The aim of this research was to determine the increase of self-control using group counseling modeling techniques in class VIII MTs Pelita Gedong Tataan in academic year 2016/2017. The problem in this research was the studentss self control. This research method is a method of pre-experimental with one group pretest-posttest design. Subjects of this study was six eighth grade students who have low self control. Data collection techniques in this study used the scale of self control. The results obtained in this study indicate that the use of modeling techniques can be group counseling to improve students' self-control, is evident from the data analysis using the Wilcoxon test, the price obtained zhitung = -2.214 <ztabel = 1.645 then Ho is rejected and Ha accepted.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan self control menggunakan konseling kelompok teknik modelling pada siswa kelas VIII MTs Pelita Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini self control siswa. Metode penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VIII yang memiliki self control rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala self control. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konseling kelompok teknik modelling dapat meningkatkan self control siswa, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh harga zhitung = -2.214< ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: konseling kelompok, teknik modelling, self control
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Calhoum & Acocella. 2001. Psikologi Tentang Penyesuaian Dan Hubungan Kemanusiaan Edisi Ketiga. Jakarta: Refika Adita
Freist, Jess dkk. 2011. Teori Kepribadian Theories of personality. Jakarta: Salemba Humanika.
Ghufron, M. Nur dan Rini R.W S. 2011. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.
Gunarsa, S.D. 2009. Dari Anak Sampai Usia Lanjut Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Komalasari, Gantina dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Permata Puri Media.
Nurihsan, A. 2009. Bimbingan dan Konseling dalamBerbagi Latar Kehidupan. Bandung: Refika Adita
Prayitno dan Amti, E. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Santrock, J.W. 2003. Adolesence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.
Satmoko. 2000. Pengendalian Diri. Semarang: IKIP Semarang Press.
Syamsu, Yusuf L.N. dan Sugandi, N.MM. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.