Peningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Dengan Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII
Abstract
The purpose of this study research is to know the improvement of students self-adjusment ability by using group guidance of VIII students of SMP Negeri 2 Jati Agung. This research uses the quasy experimental method with One Group Preetest Posttest Design. The research subject is 6 students. The data collecting technique using the self adjustment scale. The result of data analysis using Wilcoxon test, on a group of experiment where Zcount = -2.207 < Ztable = 1.645, then Ho1 is rejected but Ha1 is accepted. The conclution is there is an increase in the adjustment using the tutoring group d on the VIII grade students of SMPN 2 Jati Agung, academic year of 2016/2017.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan penyesuaian diri siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII smp negeri 2 jati agung.Masalah dalam penelitian ini adalah penyesuaian dirirendah.Penelitian ini menggunakan metodequasy experimental denganOne Group Preetest Posttest Design.Subjek penelitian sebanyak 6 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri. Hasil analisis data dengan ujiWilcoxon, dari hasil pretest dan posstest penyesuaian diri siswa menunjukkan bahwa z hitung= -2.207 <z tabel = 1,645, maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima.Kesimpulannya adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jati Agung tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, penyesuaian diri
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Ak-sara.
Desmita. 2009. Psikologi Perkem-bangan Peserta Didik. Ban-dung: Remaja Rosdakarya
Febriyani, Tika. 2014. Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa Me-lalui Bimbingan Kelompok. Universitas Lampung. Diakses pada anggal 14 April 2017
Gerungan, 2004.Psikologi Sosial. PT Refika Aditama: Bandung
Hurlock, 1990.Psikologi Perkem-bangan Edisi 5.Jakarta:Erlangga
Kimmel, D. C. dan Weiner, I. B. 1985.Adolescence : a Deve-lopmental Transition. New York : John Wiley & Sons
Prayitno.1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Da-sar dan Profil). Padang: Ghalia Indonesia.
Prayitno.dan Amti. 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Kon-seling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rumini. Dan Sundari. 2004. Perkem-bangan Anak Dan Remaja. Ja-karta: Rineka Cipta
Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Prakter Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2002. Pengantar Pelak-sanaan Bimbingan Dan Kon-seling Disekolah. Jakarta: Ri-neka Cipta
Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.