Peningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Dengan Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII

Indah Lestari, Muswardi Rosra, Diah Utaminingsih

Abstract


The purpose of this study research is to know the improvement of students self-adjusment ability by using group guidance of VIII students of SMP Negeri 2 Jati Agung. This research uses the quasy experimental method with One Group Preetest Posttest Design. The research subject is 6 students. The data collecting technique using the self adjustment scale. The result of data analysis using Wilcoxon test, on a group of experiment where Zcount = -2.207 < Ztable = 1.645, then Ho1 is rejected but Ha1 is accepted. The conclution is there is an increase in the adjustment using the tutoring group d on the VIII grade students of SMPN 2 Jati Agung, academic year of 2016/2017.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan penyesuaian diri siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII smp negeri 2 jati agung.Masalah dalam penelitian ini adalah penyesuaian dirirendah.Penelitian ini menggunakan metodequasy experimental denganOne Group Preetest Posttest Design.Subjek penelitian sebanyak 6 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri. Hasil analisis data dengan ujiWilcoxon, dari hasil pretest dan posstest penyesuaian diri siswa menunjukkan bahwa z hitung= -2.207 <z tabel = 1,645, maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima.Kesimpulannya adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jati Agung tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, penyesuaian diri


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Ak-sara.

Desmita. 2009. Psikologi Perkem-bangan Peserta Didik. Ban-dung: Remaja Rosdakarya

Febriyani, Tika. 2014. Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa Me-lalui Bimbingan Kelompok. Universitas Lampung. Diakses pada anggal 14 April 2017

Gerungan, 2004.Psikologi Sosial. PT Refika Aditama: Bandung

Hurlock, 1990.Psikologi Perkem-bangan Edisi 5.Jakarta:Erlangga

Kimmel, D. C. dan Weiner, I. B. 1985.Adolescence : a Deve-lopmental Transition. New York : John Wiley & Sons

Prayitno.1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Da-sar dan Profil). Padang: Ghalia Indonesia.

Prayitno.dan Amti. 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Kon-seling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rumini. Dan Sundari. 2004. Perkem-bangan Anak Dan Remaja. Ja-karta: Rineka Cipta

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Prakter Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi.2002. Pengantar Pelak-sanaan Bimbingan Dan Kon-seling Disekolah. Jakarta: Ri-neka Cipta

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.