Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII
Abstract
The purpose of this research was to find out the improvement of students motivation ability in school throught group guidance service. Problem in this research was low learning motivation. The method used in this research was quasi experiment method with one group pretest-posttest,and analyzed with non parametric statistic using wilcoxon test. The subject of the study was 8 students that has low learning motivation. The results of the study showed an increasing in student learning motivation after being given group guidance services. This was indicated from the results of data analysis using wilcoxon test. This was shown from the results of pretestand posttest learning motivation thst is obtained zhitung> ztable (2,521> 1,645). Then the Ho and rejected and HA received. The conclusion of group guidance services can improve the learning motivation of students.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motivasi belajar siswa di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok. Masalah dalam penelitian adalah motivasi belajar rendah. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini metode quasi experimen dengan one group pretest-posttest, dan dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian 8 orang siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon.Hal ini ditunjukan dari hasil pretest dan posttest motivasi belajar yang diperoleh Zhitung =-2,536 dan Ztabel =1,645. Maka Ho di tolak dan Ha diterima. Kesimpulan layanan bimbingan kelompok meningkatkan motivasi belajar pada siswa.
Kata kunci: motivasi belajar, bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok
Full Text:
PDFReferences
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Padang
_______1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.
_______ 1997. Pelayanan Bimbingan Dan Konseling SLTP. Jakarta: Penebar Aksara.
Azwar,S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bahri. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.