Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar Menggunakan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy
Abstract
The aims of this study was to know the improvement self confidence of students by using rational emotive behavior therapy. The problem on this research was the low of self confidence students in activities learning. The method used in this research was Quasi experimental with one group pretest-posttest design. The data research analyzed by used non-parametric Wilcoxon test. The subjects of this study were 6 students, who had low self confidence in learning. The stastiscally analyzed showed z output= 2,207 and z table= 1,960. Because z output >z table, then Ho was ignored and Ha was accepted. It meant that there was significant increases between self confidence of students before and after being given counseling rational emotive behavior therapy. The conclusion was that self confidence of students could be increased by counseling rational emotive behavior therapy of students.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa dengan menggunakanrational emotive behavior therapy.Masalah pada penelitian ini adalah percaya diri siswa rendah dalam belajar, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimental dengan bentukone group pretest-posttest, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian sebanyak enam orang siswa yang memiliki percaya diri rendah dalam pembelajaran. Hasil analisis statistik menunjukkan z hitung = 2,207 dan z tabel = 1,960. Karena z hitung >z tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah diberikan konselingrational emotive behavior therapy. Kesimpulan, kepercayaan diri siswa dapat ditingkatkan menggunakan konselingrationale motive behavior therapy pada siswa.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, kepercayaan diri, rational emotive behavior therapyFull Text:
PDFReferences
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.
Fauzan, Lutfi. 1994. Modul Pendekatan-Pendekatan Konseling Kelompok. IKIP Malang.
Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hurlock, B.E. 1999. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Mei, Duharni Z. 2010. Dalam skripsi Penggunaan Rational Emotif Behavior Therapy untuk Meningkatkan Percaya Diri. Universitas Lampung: FKIP Lampung, Bandar Lampung, 9 Juni.
Jannah, Izzatul. 2006. Pengembangan Diri Remaja: Every Day is Pede Day.Solo: Era Eureka.
Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sukardi, Dewa Ketut. 1989. Pengantar Teori Konseling.Jakarta: Ghalia Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.