PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI TUNARUNGU DI ORGANISASI GERKATIN
Abstract
This reseach aimed to find information about the change of self concept to the positive way, which occurred to deaf people after being given individual counseling service. This research used quantitative method. 2 persons with deaf involved in this research. Data collecting technique was through self concept scale. Data analysis of this research was descriptive. This research concluded that there was an increasing number toward more positive self concept as much as 10, 48% for Ade and 11, 76% for Chandra. Therefore Ho was accepted, it means that the deaf self concept couldnt be increased through individual counseling.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan konsep diri ke arah yang positif yang terjadi pada diri Individu dengan keterbatasan mendengar dan berbicara atau disebut Tunarungu setelah diberikan layanan konseling individu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini dua orang penyandang Tunarungu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala konsep diri. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif, hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan skor konsep diri klien ade sebanyak 10,84% dan 11,76% pada klien Chandra. Sehingga Ho diterima, maka konsep diri tunarungu tidak dapat ditingkatkan menggunakan konseling Individu.
Kata kunci: bimbingan dan konseling, konsep diri, tunarungu
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, S. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Burns, R. B, 1993. Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Prilaku. Jakarta: Arcan
Edward, L. 2008. Psychological Processes in Deaf Children with Complex Needs. London : British Library Cataloguing in Publication Data
Martin, G. & Pear, J. 1992. Behaviour Modification : What It Is and How To Do It. Prentice-Hall: New Jersey
Musfiqon, H. M. 2012. Metodologi Penelitian. Prestasi Pustaka: Jakarta
Soemantri, S. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Rafika Aditama
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.