PENGARUH AKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA
Abstract
The purpose of this research was to know the influence of activity in using guided inquiry learning model toward students science learning outcomes. This type of research was experimental research with same group design. The sample of this research were students of IV C as the control class as well as the experimental class. Sampling was using cluster random sampling technique. Data collection techniques in this study was using the test, observation and documentation. Hypothesis testing preparation was using t-test and hypothesis testing was using simple linear regression. Based on the results of hypothesis testing showed that there was influence of usage activity of guided inquiry learning model toward students science learning outcomes of four grade students in SD Negeri 2 east pringsewu school year 2014/2015
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aktivitas penggunaan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan desain penelitian same group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV C sebagai kelas kontrol sekaligus sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Persiapan pengujian hipotesis menggunakan t-test dan uji hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh aktivitas penggunaan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Pringsewu Timur tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: guided inquiry, hasil belajar, aktivitas belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hamiyah, Nur dan Mohammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Lestari, Sri. 2008. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Media Audio Visual dan Modul Bergambar disertai LKS terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Aktivitas Belajar Siswa. Tesis. Universitas Sebelas Maret.
Naibaho, Tri Suci. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMP N 3 Perbaungan. Tesis. Universitas Negeri Medan.
Nasution, S. 2014. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalimun. 2010. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Permendiknas. 2006. (online), (http://ftp.unm.ac.id/permendiknas-2006/nomor 22 tahun 2006.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 2015)
Sisdiknas. 2003. (online), (http://kemeneg.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. Diakses pada tanggal 5 Maret 2015)
Trianto . 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.