PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR

Dayang Putri Syafrida, Herpratiwi Herpratiwi, M. Coesamin

Abstract


This research was aimed to determine the effect of problem based learning model on student learning outcomes. The method used in this research is pre-experimental one group pretest-posttest design. Sampling using a random sampling technique namely the Imam Nasa’i class totaling 28 students. The data collection technique used is a test with multiple choice questions totaling 30 questions, After testing the instrument the questions were obtained with 25 valid items in the medium category. Then the data is was analyzed using paired sample t test. The results of statistical analysis ( -test) obtained  count >  table (8,356 > 2,052) then it can be concluded that was an effect of implementation problem based learning model towards student learning outcomes in theme 5 sub theme 3 class IV SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental one group pretest-posttest design. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling yakni kelas Imam Nasa’i berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dengan soal pilihan ganda berjumlah 30 soal. Setalah dilakukan uji coba instrumen  soal di peroleh 25 butir soal yang valid berkategori sedang, dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi, daya beda butir soal sangat baik, tingkat kesukaran soal sedang dan distraktor berfungsi tanpa adanya omit. Kemudian data dianalisis menggunakan uji paired sample t test. Hasil analisis statistika ( -test) diperoleh nilai  hitung >  tabel (8,356 > 2,052) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 5 subtema 3 kelas IV Imam Nasa’i SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung.

 

Kata kunci: Hasil belajar, problem based learning, tematik terpadu, soal.


References


Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B & Zein, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herman, B. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah di Kelas IV SDN 163080 Kota Tebingtinggi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Komalasari, K. (2015). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur

Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Putri, E. N. (2015). Pengaruh Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N 2 Labuhan Ratu Bandar Lampun. Lampung: Universitas Lampung.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sari, P. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD N 2 Metro Selatan. Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.