Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
The problem in this study is the low learning outcomes of natural science students in grade IV SD Negeri 1 Kampung Baru. This study aims to determine the effect of the use of Project Based Learning (PjBL) models on science learning outcomes. This type of research is quasi-experimental research design with nonequivalent control group design. Data analysis techniques is to determine the effect of the use of project based learning models on learning outcomes using linear regression, and to find out the differences in learning outcomes of the experimental class using the PjBL model and the control class that does not use the PjBL model using the t-test technique. The results showed that there was an effect of using the PjBL model on the learning outcomes of Natural Sciences. It is proven that the science learning outcomes with the PjBL model are better than those who do not use the PjBL model.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning(PjBL)terhadap hasil belajar IPA.Jenis penelitian ini bersifat quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design.Teknik analisis data untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar IPA menggunakan regresi linear sederhana, sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan model PjBL dan yang tidak menggunakan model PjBL digunakan teknik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model PjBL terhadap hasil belajar IPA. Hal ini terbukti bahwa hasil belajar IPA dengan menggunakan model PjBL lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model PjBL.
Kata kunci : hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, project based learning.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media: Jogjakarta.
Permendikbud. (2013). Undang-Undang Nomor.67 Tahun 2013 tentang: Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD-MI.
Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi aksara: Jakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.