Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar

Catur Meidinasari, Lilik Sabdaningtyas, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in this study waslearning environment is less conducive, low motivation to learn, and low learning outcomes. The purpose of the study was to determine  the significant influence of the learning environment at school and the learning motivation on student learning outcomes. This research is a correlational study. The population in this study were all fifth grade students, amounting to 174 students and a sample of 109 students.The sampling technique is purposive sampling. Data collection techniques using documentation and questionnaires. Analysis of the data used is the product moment correlation. The result of hypotesis testing can be concluded that there is a significant influence of the learning enironment in schools and learning motivation towards the learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri Group 1 Batanghari District with Fcount = 38.38> Ftable = 3.079.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar kurang kondusif, rendahnya motivasi belajar, dan rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penenlitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 174 orang peserta didik dan sampel berjumlah 109 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kelompok 1 Kecamatan Batanghari dengan Fhitung = 38,38 > Ftabel =3,079.

 

Kata kunci: hasil belajar, lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. 170 hlm.

Hamdu, G. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didikterhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 12. Nomor 1. Hlm 81-86. Diakses pada URL: https://s3.amazonaws.com Diakses pada tanggal 13 November 2019.

Indriani, A. (2014) . Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didikKelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.Volume 4. Nomor 2. Hlm 134-139. Diakses pada URL: e-journal.unipma.ac.id. Diakses pada tanggal 13 November 2019.

Kurniasari, F. W. 2013. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta didik SMP Negeri 3 Wonosobo. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 2. Nomor 3. Hlm 36-43. Diakses pada URL: ejournal.umpwr.ac.id. Diakses pada tanggal 24 Desember 2018.

Majid, A. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 375 hlm.

Mappease, M. Y. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Progammable Logic Controller (PLC) Peserta didik Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makasar. Jurnal Meditek. Volume 1. Nomor 2. Hlm 9-16. Diakses pada URL: http://ejournal.unp.ac.id. Diakses pada tanggal 5 Januari 2019.

Murray. 2008. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemem. Jakarta: PT Raja Grafindo Indonesia. 228 hlm.

Rifki, M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan. Volume 5. Nomer 1. Hlm 63-71. Diakses pada URL: https://docplayer.info. Diakses pada tanggal 13 November 2019.

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. 195 hlm.

Tim Penyusun. (2013). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika. 227 hlm.

Winarno, B. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Peserta didik Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yoygyakarta. Jurnal Pendidikan. Volume 3. Nomer 2. Hlm 27-36. Diakses pada URL:http://eprints.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 13 Desember 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.