Hubungan Posisi Tempat Duduk dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar

Ni Nyoman Mardalena, Supriyadi Supriyadi, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between seating position and interest in learning with students' thematic learning outcomes. The type of the research is ex-postfacto correlation. The data collection techniques were carried out by using: observation, questionnaire, and documentation. The instrument of data collection was a questionnaire with a Likert scale. The results showed that there was a positive and significant relationship between seating position and thematic learning outcomes indicated by a correlation coefficient of 0.327; there was a positive and significant relationship between interest in learning with thematic learning outcomes indicated by a correlation coefficient of 0.446; there was a positive relationship and significant between seating position and learning interest is indicated by a correlation coefficient of 0.431 and there is a positive and significant relationship between seating position and interest together with thematic learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 6 Metro Barat indicated by correlation coefficient of 0.470.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan posisi tempat duduk dan minat belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara posisi tempat duduk dengan hasil belajar tematik dengan korelasi 0,327; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar tematik dengan korelasi 0,446; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara posisi tempat duduk dengan minat belajar dengan korelasi 0,431 dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara posisi tempat duduk dan minat secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan kolerasi 0,470.

Kata kunci: Hasil Belajar, Minat, Posisi Tempat Duduk

Full Text:

PDF PDF

References

Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat.

Kustono. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan.

Mustofa, Nita Agustin. (2017). Efek Posisi Tempat Duduk Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Talun Blitar.

Nawawi, Hadari. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Nurhalimah, Siti. (2013). Arti Posisi Duduk di Kelas. Jakarta: PT Bina Akasara.

Partin, Ronald. (2012). Kiat Nyaman Mengajar di dalam Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Sari, Ressa Arsita. (2014). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS di SD Gugus 1 Kabupaten Kepahiang.

Siagian. (2013). Korelasi antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 39 Pontianak Kota.

Sirait, Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Vol 6. No 1.

Sughiarti, Sri Lestari Munung. (2016). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa kelas V Sekolah Dasar pada Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thalib, Muh Mansyur. (2017). Pengaruh Pemberian Tugas dan Posisi Tempat Duduk terhadap Hasil Belajar Statistik Pendidikan.

Tim Penyusun. (2013). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wasliman. (2007). Problematika Pendidikan Dasar. Bandung: Modul. SPs UPI.

Yuliani. (2018). Cerita Hari Pertama Sekolah – Mulai dari Nangis, Ngantuk Hingga Orangtua Ikut Belajar. Palembang: Sripoku.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.