Penerapan Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika SD

Evi Nur Indah Sari, Suwarjo Suwarjo, Siswantoro Siswantoro

Abstract

This research is motivated by the low activity and the result of learning of mathematics of VA class student in SD Negeri 2 Pringsewu Selatan. The purpose of this research is to increase the activity and learning outcomes of mathematics through the application of cooperative learning model CRH type. The type of research used is classroom action research carried out in 2 cycles with stages: planning, implementation, observation, and reflection. Technique of collecting data with technique of nontes and test technique. Data anlisis technique using qualitative analysis and quantitative analysis. The results showed that the implementation of cooperative learning model of CRH type can increase the activity and the result of learning mathematics.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VA di SD Negeri 2 Pringsewu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe CRH. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik anlisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe CRH dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika.

 

Kata kunci: CRH, aktivitas, hasil belajar,matematika SD

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas, 2006.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

______. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara. Jakarta

Huda, Miftahul. 2012. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

______. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara. Jakarta

Huda, Miftahul. 2012. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Kurniasih, Sani. 2015. Ragam PengembanganModel Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Jakarta.

_______. 2016. Ragam PengembanganModel Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Jakarta.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Belajar. Surabaya.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT. Fajar Interpratama Mandiri. Jakarta.

Tim Penyusun. 2006. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika. Jakarta

Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2015. Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.Yogyakarta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Porfesioanalisme Guru. Jakarta. Rajawali Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.