Hubungan Perilaku Bullying dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa

Rizki Nur Khalifah, A. Sudirman, Darsono Darsono

Abstract


The study aimed to find out the correlations between bullying and students social skills of 3rd grade students of SD N 3 Bandar Sakti, Lampung Tengah. This research used correlational approach. The population were 40 students. The data collection technique of this research was conducted by the scale of bullying and social skill. The reability test used Alpha Cronbach and the score of reability index of bullying was 0,811 and 0,808 for reability index of social skill. The data of this research were analyzed by using Product Moment. The result showed that the correlation value between bullying and student social skill variable and the hypothesis test was -0,832. It showed that there was a significant correlation between bullying and the students social skill in the 5rd grade of SD N 3 Bandar Sakti, Lampung tengah. Theresul of hypothesis test was 0.501and the category was medium..

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Bandar Sakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala perilaku bullying dan kemampuan interaksi sosial. Uji validitas instrument menggunakan rumus Product Moment. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menghasilkan indeks reliabilitas sebesar 0,811 untuk variabel perilaku bullying dan 0,808 untuk variabel kemampuan interaksi sosial. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara variabel perilaku bullying dan kemampuan interaksi sosial sebesar -0,832 sehingga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Bandar Sakti. Hasil uji hipotesis sebesar 0,501 termasuk dalam kategori sedang

 

Kata kunci: perilaku bullying, interaksi sosial, siswa SD



References


Ahmadi Ahmad. 2007. Psikologi sosial. Jakarta. Rineka Cipta.

Astuti Retno. 2008. Meredam Bullying. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Chakrawati Fitria. 2015. Bullying Siapa Takut. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Departemen Pendidikan Nasional. 2015. UU Sistem Pendidikan (UU RI No. 20 tahun 2013). Bandung. Sinar Grafika.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ismiatun Rohmah. 2014. Bullying Di SD Negeri Gondolayu Kota Yogyakarta. Di unduh dari http://eprints.uny.ac.id. Pada tanggal 20 Desember 2017, pukul 17.00.

Kusuma Monicka. 2014.Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Delengan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman,

Yogyakarta .Di unduh dari http://eprints.uny.ac.id. Pada tanggal 20 Desember 2017, pukul 19.00.

Santoso Slamet. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta. Bumi Aksara.

Sejiwa. 2008. Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta. Grasindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sudjarwo. 2015. Proses Sosial dan Interaksi Sosial Dalam Pendidikan. Bandung. CV Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.