Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS SD

Putu Rahayu Cahyani, Sulistiasih Sulistiasih, Sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of this research was to know the influence of unding mind mapping method elementary school social learning outcomes. The population of this research was all students of V grade of SD Negeri 10 Metro Timur. The sample consisted of 43 students, The techniques of sampling using technique saturated sampling. The type of this research was experimental research, with research design was non-equivalent control group design. The techniques of data collection were done with documentation study, techniquetest, and questionnaire. The technique of data analysis was quantitative. The data analysis used t-test pooled variance. The result of hypothesis testing showed that there was a significant influence of using mind mapping method elementary school social learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS SD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Sampel terdiri dari 43 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, teknik tes, dan angket. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Analisis data menggunakan t-test pooled varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS SD.

Kata kunci: metode mind mapping, hasil belajar, IPS

References

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pen- didikan Jenjang Pendidikan Da-sar dan Menengah. Jakarta. Depdiknas.

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Chandramica, Friezsya Puti. 2017. Pengaruh Penerapan Mind Map terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang Bandar Lam-pung Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Lampung. Universitas Lampung.

Gunawan, Muhamad Ali. 2013. Statistik untuk Penelitian Pen-didikan. Yogyakarta. Parama Publishing.

Handoko, Panji Seno. 2015. Pengaruh Penggunaan Mind Map terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V Semester Genap SD Negeri Margoyasan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struk-tur, dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pem-belajaran Inovatif dalam Kuri-kulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Supriatna, N. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung. UPI PRESS.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuant-itatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Da-sar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Swadharma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta. PT Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.