Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar
Abstract
This research analyze and know the influence of applying model of cooperative learning type jigsaw to result of learning of Civics class V SD Negeri 1 Metro Timur. The type of this research is experimental research with quantitative approach. The research method used is quasi experimental design. The research design used is non-equivalent control group design. Technique of collecting data is done by technique of test and questionnaire. Calculation of hypothesis test using independent formula t-test sample obtained tcount of 3,675 while ttable of 2.021, the comparison shows (3,675>2,021) there is positive and significant influence on applying cooperative learning type jigsaw model to result of learning.
Penelitian ini menganalisis dan mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar PKn kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasiexperimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus independent sampel t-test diperoleh data thitung sebesar 3,675 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukkan (3,675>2,021) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar.
Kata kunci: jigsaw, hasil belajar, PKn .
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arends, Richard. 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. (Penerjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka. Jakarta: Cipta.
Elyawati, 2018.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tife Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri Cikijing Iii Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Majalengka. UNMA. https://media.neliti.com/media/publications/120840-ID-pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t.pdf. Diakses pada 6 Juni 2018.
Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Karacop, Ataman. 2017. The Effects of Using Jigsaw Method Based on Cooperative Learning Model in the Undergraduate Science Laboratory Practices.Department of Elementary Science Education,Education Faculty, Kafkas University, Turkey: Universal Journal of Educational Research 5(3): 420-434, 2017
Maharani, Diah I.G.A, 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas 4 Sd Di Gugus I Kuta Kabupaten Badung. Bali. Undiksha. https://media.neliti.com/media/publications/120840-ID-pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t.pdf. Diakses pada 6 Juni 2018.
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun. 2013. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Tran, Dat Van, 2012, The Effects of Jigsaw Learning on Students’ Attitudes in a Vietnamese Higher Education Classroom. Faculty of Education, La Trobe University, Australia: International Journal of Higher Education Vol. 1, No. 2. 9-20
Refbacks
- There are currently no refbacks.