Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar

Ade Pratiwi, Een Y. Haenilah, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem in this research is the low learning result students class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. The purpose of this research is to know the influence and difference apply of cooperative learning model in Jigsaw type of tematic learning result students class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. The research method used was a quasi-experimen with non-equivalent control group design. The research of this study obtained conclusion the influence  and difference apply of cooperative learning model in Jigsaw type of tematic learning result students class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar Year 2018.

 

Masalah dalam penelitian merupakan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh dan perbedaan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan quasi-experimen metode non-equivalent control group design. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh dan perbedaan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimulyo Natar tahun ajaran 2018.
 
Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, hasil belajar tematik 

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Pangesti, Dea Ayu.2017.Pengaruh Metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Sumberejo Kemiling Bandar Lampung.E-Journal,Vol.10 No.2. Lampung: Universitas Lampung.

Jaya. Eko Prayoga. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI 9 SMA Negeri 1 Tulang Bawang. EJournal,Vol: 5 No: 2. Lampung: Universitas Lampung.

Miftahul Huda. 2011. Model – Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

________.2017.Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.