Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS

Didit Prasetio, Rochmiyati Rochmiyati, Nazaruddin Wahab

Abstract

The Problems in this research was still low student learning result of social Sciences at class IV SD Negeri 1 Patoman academic. This research was a quasi experimental research with research design posttest only control grup desain. The purpose of this study was to know effect of using Discovery Learning model on IPS learning outcomes. The independent variable in this research was Discovery Learning model. the dependent variable in this study was the result of IPS learning.The population of this research was students of class IV of 67 students. The sample in this research was Thirty-two (32) students on a class IVB as experimental group and thirty-five (35) students on a class IVA as control group with purposive sampling technique. The method used was observation and test. Data were statistically analyzed using Linear Regression Test and T-test.


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Patoman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control grup desain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPS. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Discovery Learning. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 67 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan IVA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa dengan teknik pengambilan purpose sampling. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis dengan Uji Regresi Linear dan Uji-t .

Kata kunci : model discovery learning, pembelajaran IPS,hasil belajar IPS

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hosnan.2014.Pendekatan Scientific dan Kontektual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kuriklum 2013. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta : Pustaka Pelajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.