Pengaruh Model Team Assisted Individualization pada Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar

Anes Novita Dewi, Alben Ambarita, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The purpose of this research is to find the significant influence and positive between the model cooperative learning team assisted individualization type on thematic learning to study result. The kind research of this was experimental research. Design research used non equivalent control group design. Data collection techniques were done by Questionnaires and plural form tests. Data analysis technique used t-test pooled variance formula. The result of the research shows that there is an influence of cooperative learning model of assisted individualization team type on thematic learning on student learning result of fourth grade of SD Negeri 1 Metro Utara.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif antara model cooperative learning tipe team assisted individualization pembelajaran tematik terhadap hasil belajar. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian menggunakan non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes bentuk jamak. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model cooperative learning tipe team assisted individualization pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara.

Kata kunci: team assisted individualization, hasil belajar, tematik.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. PT Refika Aditama.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.

Dewi, Ni Putu Diah Utari. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Berbantuan Media Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Pkn SD. JPGSD Vol: 2 No: 1 Tahun: 2014. Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta. Rajagrafindo.

Kurniawan, Fajar Ragil. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Rencana Anggaran Biaya (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Bendo Magetan). Vol 2 Nomer 2/Jkptb/15 (2015): 07 13. Surabaya. UNSU.

Muhidin, Ali & Abdurahman, Maman. 2011. Analisis Korelasi,Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Pardosi, Ronasib. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Ilmu Bahan Bagunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Balige. Jurnal Education Buuilding Volume 2, Nomor 1, Juni 2016: 55 -63, ISSN : 2477-4898. Medan. UNIMED.

Pramana, I Nyoman Arya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualzation Berbasis Nilai-Nilai Karakter terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. JPGSD Vol: 2 No: 1 Tahun: 2014. Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha.

Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta. Gava Media.

Rusman. 2012. Pembelajaran Tematik. Bandung. Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sujana, I Wayan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbasis Peta Konsep terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Sukawati. JPGSD Vol: 2 No: 1 Tahun: 2014. Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.

Susanto, 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.