HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR

Yocie Callista Putri, Baharuddin Risyak, Syaifuddin Latif

Abstract


The problem in this research was about learning achievement and learning motivation of IPS that were still low and there were still many students did other activities during the learning process of IPS on the V grade of SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Samples in this research were 40 students of V grade. The result of this research indicated that (1) there was a significant correlation between learning motivation and learning achievement of IPS with r correlation coefficient equal to 0,984; (2) there was a significant relationship between learning activity and learning achievement of IPS with r correlation coefficient equal to 0,981; (3) there was a significant correlation between learning motivation and learning activity together with the learning achievement of IPS with r correlation coefficient equal to0,984.

Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar IPS yang masih rendah, motivasi belajar yang rendah dan masih banyak siswa melakukan aktivitas lain pada saat proses pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,984; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,981; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,984.

Kata kunci: motivasi belajar, aktivitas belajar, prestasi belajar.


References


Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.

Nasution. 2004. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cet. ke-4. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats