IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA “VIDIO INTERAKTIF” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MI NU MIFTAHUL ULUM 02 HONGGOSOCO

Husnunnadia Fitria Ainnuha, Rizka Andriana, Eva Lutfi Fakhru Ahsani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosocopada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan media vidio interaktif.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam  dua siklus, dengan subjek penelitian peserta didik kelas V yang berjumlah 23 orang. Siklus ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulandata dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatanminat belajar siswa berdasarkan hasil observasi dan angket. Pada tahap pra-penelitian, hasil observasimenunjukkan minat belajar siswa masih rendah (45%). Setelah penerapan media vidio interaktifpada siklus I, hasilobservasi minat belajar siswa meningkat menjadi 65% (sedang), dan pada siklus II meningkat menjadi 85%(tinggi). Sementara itu, berdasarkan angket, minat belajarsiswa pada siklus I berada pada kategori sedang(70%), dan pada siklus II meningkat menjadi 90% (tinggi). Dapat disimpulkan bahwa penggunaanmediavidio interaktif dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V MI NU Miftahul Ulum 02 Hongosoco.

Full Text:

PDF

References


Andriany, R., & Warsiman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall di Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 406–422. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8209

Hidayatullah, H. (2022). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Viii Smp Negeri 02 Talun. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 2010, 1–16.

Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183

Komang, N., Rany, I., Raksun, A., & Budiman, M. A. (2024). Implementasi Media Video Interaktif pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 45 Ampenan. 2235–2241.

Lestari, H., Fitriani, Y., & Fuji Lestari, R. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Media Berbasis Teknologi Educaplay Pada Siswa Kelas XI IPS SMA IT Izzuddin Palembang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 22–31.

Novi, N. S., Sukamto, & Huda, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Matematika Kelas Iv Sd. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1279–1287. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2233

Octaviani, E. M., Humairah, H., & Khasanah, L. A. I. U. (2024). Penerapan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Kelas V SD. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 219–226. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.518

Prasetyo, A. M. (2018). PENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA IMPROVING LEARNING INTEREST AMONG 5th GRADE STUDENT IN THEMATIC LEARNING THROUGH SNAKES AND LADDER GAMES IN SDN JLABAN, SENTOLO. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 42(1998), 4.191-4.201.

Putri Noviatami, H. L. F. F. (2024). Putri Noviatami,Hikmah Lestari,Yessi Fitriani,Rizcha Fuji Lestari. Urnal Sains Student Research, Vol.2,(2024), 55–62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

  

 Creative Commons License

Elementary: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.