PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran in-kuiri dengan metode diskusi kelompok dalam menemukan konsep pembelajaran yang diselengarakan melalui lesson study. Subjek penelitian adalah mahasiswa pen-didikan biologiĀ angkatan 2011 yang menempuh matakuliah struktur hewan. Imple-mentasi lesson study dilakukan dalam 4 kali siklus di kelas. Data pengamatan pene-muan konsep berupa data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada setiap siklus. LKM setiap siklus disajikan dalam bentuk penemuan data gambar. Data kualitatif, yaitu aktivitas mahasiswa diperoleh dari lem-bar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pema-haman konsep mahasiswa adalah sebagai berikut : siklus pertama (I) 60,2% ; Siklus ke- II adalah 63,1% ; Siklus ke-III adalah 74,31% dan Siklus ke-IV adalah 81,65%. Hasil penelitian aktivitas mahasiswa yang diamati adalah aspek kemampuan maha-siswa dalam bekerjasama dalam kelompok, mengemukaan pendapat secara oral dalam kelompok, menganalisis soal, mengambil kesimpulan, perasaan senang dan bergairah dalam kelompok. Keseluruhan aspek aktivitas yang diamatai pada setiap siklus meningkat dan berkriteria tinggi, yaitu dengan nilai rata-rata peningkatan bekerjasama dalam kelompok (76,45%), mengemukaan pendapat secara oral dalam kelompok (43,27%), menganalisis soal bergambar (27,10%), mengambil kesimpulan (23,25%), perasaan senang dan bergairah dalam kelompok (33,83%). Dengan demikian dapat di-simpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman kon-sep belajar dan meningkakan aktivitas belajar mahasiswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)