PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI

Bambang Irawan, Sumadi Sumadi, Dedy Miswar

Abstract


This research analyzed  audio-visual media with LKS, to increase activity, achievement of learning geography class X3 SMAN 2 Liwa. PTK is performed in 3 cycles. There are 4 stages of cycle, namely: planning, implementation, observation analysis, reflection. Location of research in SMAN 2 Liwa, Subject of research of 39 students. Retrieved form observation of activity off task, on task and by comparison of  fre test, post-test and values in each cycle worksheets. Results the first cycle, activity of 62.5% studying geography, geography of learning achievement value post test 55%, reaching 61.53% Value LKS. In second cycle, learning activities increased to 70%, geography learning achievement increased to 74%, value worksheets are completed 74.35%. third cycle, learning activity increased to 85.6%, learning achievement increased 85%, value of completed worksheets 84.61%. Conclusion, through use of audio-visual media with LKS may increase activity and achievement of learning geography.

Penelitian ini menganalisis media audio visual dengan LKS, untuk meningkatkan aktivitas, prestasi belajar geografi kelas X3 SMAN 2 Liwa. PTK yang dilakukan dalam 3 siklus. Siklus tersebut ada 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi analisis, refleksi. Lokasi penelitian di SMAN 2 Liwa, subjek penelitian 39 siswa. Data yang diambil berupa hasil observasi kegiatan off task, on task serta berdasarkan perbandingan nilai fre test, post test dan nilai LKS ditiap siklus. Hasil siklus I, aktivitas belajar 62,5%, prestasi belajar dari nalai post test 55%,Nilai LKS mencapai 61,53%. siklus II, aktivitas belajarnya meningkat menjadi 70%, prestasi belajar geografi meningkat menjadi 74%, Nilai LKS yang tuntas 74,35%. siklus III, aktivitas belajarnya meningkat menjadi 85,6%, prestasi belajarnya meningkat 85%, nilai LKS yang tuntas 84,61%. Kesimpulan, melalui penggunaan media audio visual dengan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar geografi.

Kata kunci: aktivitas dan prestasi, LKS,  media audio visual.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v1i6.3640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR