PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI STAD DENGAN MIND MAPPING

Wiwin Alwiningsih, Zulkarnain Zulkarnain, Edy Haryono

Sari


The objective of this research is to describe distinctive of mastering of Geography concept among early student ability (high, medium and low) and the influence and the effectivity of the implementation of collaborative learning model of STAD with Mind Mapping to increase of mastering of Geography concept of all student who was the first grade of SMA N 3 Metro. This research  was used quasi  eksperiment design with Nonequivalent Control Group Design. The result of the test were analized by using regresion test, analysis of variant factorial design (Anova) and t-test that was computed used Statistically Package for Social Science (SPSS) version 18.0. Based on the research, the influence of the implementation of learning model showed that the increasing of mastering Geography concept used collaborative learning of STAD with Mind Mapping is higher and more effective than used conventional learning model.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan penguasaan konsep geografi antar kemampuan awal siswa (tinggi, sedang dan rendah)  dan pengaruh serta efektivitas penerapan model pembelajaran kolaborasi STAD dengan Mind Mapping dalam meningkatkan penguasaan konsep geografi bagi siswa di kelas X SMA Negeri 3 Metro.  Pe­ne­litian ini menggunakan metode quasi eksperimen design dengan Non­equivalent Control Group Design. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji regresi, uji analisis varian desain faktorial (Anova) dan uji t dengan memanfaatkan program SPSS-18. Ke­simpulan penelitian, pengaruh penerapan model pembelajaran dilihat dari peningkatan penguasaan konsep geografi materi sejarah pembentukan bumi dengan model pembelajaran kolaborasi STAD degan Mind Mapping lebih tinggi dan lebih efektif daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: ke­mampu­an awal siswa, model pembelajaran kolaborasi STAD dengan Mind Mapping, penguasaan konsep geografi.



Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmad Munjid. N & Lilik Nur. K. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Refika Aditama. Bandung.

Elizabert E. Barkley, dkk. 2012. Colaborative Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaborasi. Narulita Yusron : Penerjemaah. Nusamedia. Bandung.

Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad& Nurdin Mohamad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Bumi Aksara. Jakarta.

Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Robert E. Slavin. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Narulita Yusron : Penerjemaah. Nusa Media. Bandung.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Depok.

Siti Latifah. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Mencari Pasangan (Make a Match) Dibandingkan LKS Dalam Penguasaan Konsep Akuntansi (Tesis). Universitas Lampung. Bandarlampung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Aditya Media. Yogyakarta.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu:Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pen¬¬di-di¬kan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta.

Wahab, Abdul Aziz. 2009. Metode dan Model-Model Mengajar: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Alfabeta. Bandung.

Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.