Pengaruh Belajar Kelompok Melalui Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kelas XI SMAN 13 Bandar Lampung

Selly Septi Pertama, M. Thoha B.S. Jaya, Sudarmi Sudarmi

Sari


The object of this research is to find out and analyze (1) the differences between the students who used cooperative learning inquiry as a learning model and used conventional model as a learning model. (2) the influence of using inquiry learning model to the students learning result in geography subject. This research used quasy experimental method which compared the learning results before and after the learning model was being applied. The data of this research were analyzed by using t-test and simple linear regression. The result of this research proved that the experiment class had a higher score then the control class, and inquiry learning method was affected the results. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (2) pengaruh aktivitas belajar melalui model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yaitu metode yang membandingkan hasil belajar dengan pemberian perlakuan pada suatu objek. Data dianalisis menggunakan uji t-tes dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa dimana kelas eksperimen lebih tinggi rata-rata hasil belajarnya dari kelas kontrol, dan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model inkuiri


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT.Grafindo.

Lubis, A. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Gerak Lurus. Medan: Jurnal Pendidikan Fisika.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Fajar Inter Pratama Mandiri.

Sardiman. 2010. Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

SISDIKNAS. 2014. Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional).Jakarta: Sinar Grafika.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R and D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Thoha B. Sampurna Jaya, M. 2017. Metodologi Penelitian Sosial dan Humaniora.Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.