KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP KECAMATAN LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fahmi Astathi, Zulkarnain Zulkarnain, Rahma Kurnia Sri Utami

Abstract


Purpose research is to know information constraints found of learning on the map chapter. This research method is qualitative methods descriptive form of a case study. Totalied population are 18 teachers and sampling purposive amounted to 2 teachers. Data are collected by using the interview, observation, and documentation. The data were analyzed using descriptive analysis. The results of this research is the teacher is less mastering the map material because the teacher's educational background, delivery of material does not refer to the RPP and syllabus, teacher mindset to the material effect the material delivered, the teacher is less mastering the method of learning, the teacher is less use of instructional media, teachers are less precise in choosing evaluation techniques, teachers are not aware of the problem that arise within the learning process and after learning.

Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi kendala dalam pembelajaran IPS Terpadu pada materi peta. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskripsi bentuk studi kasus. Populasi berjumlah 18 guru dan pengambilan sampel purposif berjumlah 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kurang menguasai materi peta karena latar belakang pendidikan guru, penyampaian materi tidak merujuk pada RPP dan silabus, pola pikir guru terhadap materi mempengaruhi materi yang disampaikan, guru kurang menguasai metode pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran, guru kurang tepat dalam memilih teknik evaluasi, guru tidak menyadari kendala yang muncul didalam diri saat proses pembelajaran berlangsung maupun setelah berlangsungnya pembelajaran.

Kata Kunci: IPS Terpadu, kendala, materi peta, pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Nursid Sumaatmadja. 2001. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara.

Roestiyah N.K. 2012. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rineka Cipta

Suparlan, 2008, Menjadi Guru Efektif, Jakarta: Hikayat Publishing.

Syaiful Sagala. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainal Arifin Ahmad. 2012. Perencanaan Pembelajaran dan Desain Sampai Implementasi. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to Jurnal Penelitian Geografi that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.