PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION BERBASIS POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ahmad Alfian, Sumadi Sumadi, Irma Lusi Nugraheni

Sari


This research aims to understand the influence of method GroupInvestigation based PowerPoint on the activities and learning outcomes geography class XI ips SMA Negeri 1 punggur central lampung regency academic year 2015 / 2016. Quasi experiment was used in this research. The subjects in this study were 78 students. The data was collected by using observation sheet and tests. Analysis techniques the data used was t test. The result of this research proved that (1) there was an effect of using learning method of GroupInvestigation based PowerPoint on the activities of learning geography students class XI IPS SMA Negeri 1 Punggur central lampung regency. (2) there was an effect of using learning method of GroupInvestigation based PowerPoint on the learning outcomes of geography students class XI IPS SMA Negeri 1 Punggur central lampung regency.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Group Investigation Berbasis Powerpoint terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah tahun ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 64 siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar obervasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh metode Group Investigation berbasis Powerpoint terhadap aktivitas belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Punggur, (2) Terdapat pengaruh metode Group Investigation berbasis Powerpoint terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Punggur, Lampung Tengah.

Kata kunci: Group Investigation, Power Point, aktivitas dan hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Miftahul Huda. 2011. Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan Cooperative Learning. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D: Alfabeta. Bandung.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Aditya Media Publishing: Malang

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikaan Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.