Kegiatan Desa Binaan Sebagai Kegiatan Luar Ruang (Out Door Study) Di Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung

Zulkarnain Zulkarnain, Listumbinang Halengkara

Abstract


Pada awalnya konsep kegiatan Desa Binaan muncul akibat kegelisahan dan kekhawatiran para dosen di lingkungan program studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung (Unila) terhadap pelaksanaan kegiatan orientasi mahasiswa pada para mahasiswa baru pada setiap tahun ajaran baru. Tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini masih ada beberapa universitas yang melaksanakan kegiatan tersebut dengan pengawasan yang kurang sehingga muncul berbagai macam kegiatan ospek yang menjurus pada kekerasan fisik hingga pelecehan dan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh mahasiswa senior pada para mahasiswa baru. Sebagai tindakan antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi, maka program studi Pendidikan Geografi FKIP Unila memutuskan untuk menghapus kegiatan orientasi mahasiswa baru dan menggantinya menjadi bentuk kegiatan Desa Binaan.

Desa Binaan merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat akademis dan wajib diikuti oleh para mahasiswa baru, seluruh mahasiswa senior yang masih mengikuti perkuliahan, para alumni, dosen, serta warga sekitar yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan. Semua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan Desa Binaan merupakan perwujudan dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang meliputi: (1) Pendidikan dan pengajaran, (2) Penelitian dan pengembangan, serta (3) Pengabdian pada masyarakat dan dilaksanakan baik oleh dosen, mahasiswa, maupun alumni. Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya meliputi: pelatihan pembuatan monografi dan peta desa, sosialisasi KB dan PUS (kerjasama dengan BKKBN), gerakan peduli lingkungan, pengembangan minat bakat (pentas seni), dan pengenalan alat-alat laboratorium geografi.

Kegiatan Desa Binaan ini telah sukses dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir di prodi Pendidikan Geografi FKIP Unila dan dirasakan banyak manfaatnya. Selain berfungsi sebagai ajang untuk pengembangan aspek akademis, kegiatan ini juga mampu mempererat hubungan kekeluargaan antar mahasiswa, antara mahasiswa dengan dosen, serta antara civitas akademika program studi Pendidikan Geografi dengan masyarakat setempat.

Kata kunci: desa binaan, outdoor study, pengembangan kurikulum

Full Text:

PDF

References


Bintarto, R. 1977. Pengantar Geografi Kota. Yogyakarta. U.P. SPRING

Anonim. 2014. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Desa Binaan Tahun 2014. Universitas Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial