PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMAIN DRAMA BERBASIS AUTOBIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN

Miftahul Jannah, Muhammad Fuad

Abstract


The purpose of this study was to produce teaching materials of drama play based on autobiographical of Habibie and Ainun class XI SMA / MA. This study used a model of Research and Development ( R & D ) with three main stages, namely the preliminary studies, product development, and 3 implementations of the product. The next step was to design and develop products of drama play teaching materials based autobiographical of Habibie and Ainun, assessment of practitioners or peers, substance expert test expert test substance and educational technology expert test, small scale trial, and wide scale test. Revision of product development was carried out based on inputs from any assessment or test undertaken to produce teaching materials which is valuable and ready to be implemented. The findings in this study were useful for teachers, students, and researchers as consideration for the purposes of further development.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar bermain drama berbasis autobiografi Habibie dan Ainun siswa kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan tiga tahapan utama, yakni studi pendahuluan, pengembangan produk, dan 3 implementasi produk. Langkah berikutnya adalah mendesain dan mengembangkan produk bahan ajar bermain drama berbasis autobiografi Habibie dan Ainun, penilaian praktisi atau teman sejawat, uji ahli substansi dan uji ahli teknologi pendidikan, uji coba skala kecil, dan uji coba skala luas. Revisi produk pengembangan dilakukan berdasarkan masukan-masukan dari setiap penilaian atau uji yang dilakukan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang layak dan siap untuk diimplementasikan. Temuan dalam penelitian ini berguna bagi guru, siswa, dan peneliti sebagai bahan pertimbangan untuk keperluan-keperluan pengembangan lebih lanjut.

Kata kunci: autobiografi, bahan ajar, bermain drama.


Full Text:

PDF

References


Belawati, Tian. 2003. Materi pokok Pengembangan Bahan Ajar Edisi ke Satu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Borg, W. R. dan M. D. Gall. 2003. Education Research. New York : Allyn and Bacon.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Tatap Muka Penugasan Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Madjid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujadi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.