Strategi menulis kreatif dalam pembelajaran daring siswa smp di Kabupaten Pringsewu tahun 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi menulis kreatif dalam pembelajaran daring, serta kendala yang dihadapi siswa SMP di Kabupaten Pringsewu Tahun 2020. Startegi menulis yang dilakukan siswa dianalisis berdasarkan teori McLean, yang mencakup empat hal, yakni proses penulisan, penetapan tujuan, pengelolaan waktu, dan pemanfaatan bahan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa studi kasus. Sumber data berupa proses menulis kreatif berbentuk esai formal dalam pembelajaran daring, termasuk di dalamnya guru dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah interactive model of analysis yang dikembangkan Miles dan Huberman. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa, yang ditentukan secara purposif, khususnya siswa yang memiliki kemampuan menulis dengan kategori sepuluh terbaik di sekolahnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dominan menggunakan strategi dalam menulis kreatif, yakni sebesar 71,55% dengan kategori baik. Dari 29 siswa yang dianalisis ditemukan data: terkait dengan proses penulisan (79,31%), penetapan tujuan (48,28%), pengaturan waktu (58,62%), dan pemanfaatan bahan (100%). Ditinjau dari produk tulisan, ditemukan rerata nilai siswa untuk semua komponen sebesar 77,75 atau 83,62% dengan kategori baik. Hal ini didasarkan pada hasil analisis terhadap sistematika penulisan (75,86%) dengan kategori baik, isi (93,10%) dengan kategori sangat baik, penggunaan bahasa (65,52%) dengan kategori baik,dan penutup (100%) dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, selama proses penulisan ditemukan beberapa kendala, yakni 6,90% siswa kurang paham dalam hal menetapkan tujuan menulis esai, dan 16,38% siswa kurang mampu mengelola waktu karena penulisan dilakukan di rumah (terlalu leluasa). Dalam hal produk tulisan, terdapat 14,48% siswa yang mengalami kesulitan dalam penggunaan bahasa, khususnya penggunaan ejaan dan tanda baca.
Kata kunci: Strategi menulis kreatif, pembelajaran daring, dan siswa SMP
Full Text:
PDFReferences
Alnufaie, M., & Grenfell, M. 2012. EFL students’ writing stratefies in Saudi Arabian ESP writing classes: Perspectives on learning strategies in self-access language learning. Studies in Self-Access Learning Journal, 3(4), 407-422. Retrieved from http://sisaljournal.org, on January 13th, 2017.
Ariyanto. 2015. Menulis Kreatif, e-journal (2011), diakses dari http://a-journo. blogspot.com pada tanggal 07 April 2021, pukul 08.21 WIB
Bazerman, C. (1985). The informed writer using sources in the diciplines (2nd ed.). Boston: Houghton Mifflin Company.
Collins, J. L. 2008. Writing strategies. Buffalo: New York. Retrieved from http://gse.buffalo.edu/org/writingstrategies/, on January 22nd, 2017.
David, Fred R. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
Endraswara, S. (2005). Metode dan Teori Pengajaran Sastra Berwawasan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Buana Pustaka.
Gintings, Abdorrakhman. 2010. Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Habsi. 2020. Pengertian, Struktur, dan, Contoh Esai yang Patut Kamu Pahami. Quipper Blog.
http://id.wikipedia.org/wiki/Esai,http://www.pemustaka.com/pengertian-esai-dan-ciri-cirinya.html. Darmawan, Adi. 2013. Pengertian Esai dan Ciri-Cirinya.
https://yusrintosepu.wixsite.com/yoes/post/membingkai-disrupsi-peradaban-dengan-menulis. Yusrin Ahmad Tosepu. 2020. Membingkai Disrupsi dengan Menulis.
Iskandarwasid dan Sunendar, Dadang. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan. 2013. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, dan Kompetensi Profesional Guru: Universitas Pendidikan Indonesia. Pustaka Belajar. urniawan Khaerudin
Kruse, O. 2013. Perspectives on Academic Writing in European Higher Education: Genres, Practices, and Competences, Revista de Docencia Universitaria Vol.11 (1) Enero-Abril 2013, 37-58.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
McLean, S. (2012). Successful writing. Creative Cummons (licensed). Retrieved February 2, 2017, from: 2012books.lardbucket.org/books/successful-writing/
Mohite, M. (2014). An investigation into the English language writing strategies used by EFL secondary school learners (Dissertation, London Metropolitan University, 2014). Retrieved January 5, 2017 from https://englishagenda.britishcouncil.org/sites/default/files/filefield_paths/an_investigation_into_the_english_language_writing_strategies_v2.pdf
Oktoma, Erwin. 2018. Strategi Menulis yang Digunakan oleh Mahasiswa dalam Esai Argumentatif. Fon; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 12 Nomor 1 Tahun 2018, ISSN Elektronik: 2614-7718|39 ISSN Cetak: 2086-0609.
Putra, Listya Buana, Sumarwati, dan Anindyarini, Atikah. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Ulang Biografi: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Setiawati, Ika. 2016. Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif Pada Siswa Kelas 4 dan 5: Studi Multikasus di MIN Rejotangan dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung. Blitar: STIT Al-Muslihun
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukrinto. 2008. Membelajarkan Menulis, e-journal, diakses dari http//staffuin.ac. id. pada tanggal 5 April 2021.
Suniyah, Rohmadi, M. dan Tri Sulistiyo, Edy. 2018. Implementasi Strategi Pembelajaran Menulis Berbasis Multiple Intelligences. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Suyanto, Edi 2005. Strategi Menulis Berdasarkan Permainan Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Indonesia.
Tuan, L. T. 2010. Enhancing EFL Learners’ Writing Skill via Journal Writing, English Language Teaching Vol. 3, No. 3; September 2010, pp. 81-88.
Wati, Riana. 2007. Mengasah Kreativitas Menulis, Upaya Membangun Budaya Bangsa. Jakarta: Pusat Bahasa.
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats