Hubungan antara motivasi berprestasi dan pengetahuan pembuatan tes dengan kualitas soal buatan guru sma dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra di Kota Pangkalpinang

Asyraf Suryadin, Maulina Hendrik, Yorenza Meifinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) hubungan antara motivasi berprestasi dengan kualitas soal buatan guru SMA dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2) hubungan antara pengetahuan pembuatan tes dengan kualitas soal buatan guru SMA dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode survei teknik korelasional. Populasi target  seluruh guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kota Pangkalpinang sebanyak 30 guru. Sampel penelitian  menggunakan sampel total, analisis ujicoba instrumen penelitian untuk validitas soal pada instrumen pertama menggunakan korelasi Product moment karl-pearson dan untuk ujicoba penelitian kedua menggunakan korelasi point biserial, reliabilitas instrumen pertama menggunakan spearman-brown dan instrumen kedua menggunakan kuder-richardson ( K-R ). Hasil penelitian menyimpulkan: pertama, terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X1) dengan kualitas soal buatan guru ( Y), dengan persamaan regresi Y = - 12,50 + 0,69 X dan koefisien korelasi ry1 = 0,37 serta koefisien determinasi r2y1 = 0, 133, kedua, terdapat hubungan positif antara pengetahuan pembuatan tes ( X2) dengan kualitas soal buatan guru SMA mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

dx.doi.org/10.23960/aksara/v21i2.pp133-14


Full Text:

PDF

References


REFERENCE

ARIKUNTO,S. 2010. DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN ( EDISI REVISI). JAKARTTA: PT.BUMI AKSARA

AQIB, ZAINAL DAN ROHMANTO, ELHAM. 2008. MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU DAN PENGAWAS SEKOLAH. BANDUNG: YRAMA WIDYA.

NURGIYANTORO, B. 2009. PENILAIAN DALAM PEMGAJARAN BAHASA DAN SASTRA.YOGYAKARTA: GADJAHMADA UNIVERSITY PRESS

NURGIYANTORO, B. 2018. PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. YOGYAKARTA : GADJAHMADA UNIVERSITY PRESS.

SUDIJONO, ANAS. PENGANTAR EVALUASI PENDIDIKAN, JAKARTA : RAJAWALI PERS, 2006

SUGIYONO, 2013, METODELOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. BANDUNG: ALFABETA

YUSUF, MURI. 2017.ASSESMENT DAN EVALUASI PENDIDIKAN. JAKARTA : KENCANA.

WATY, EVY RATNA. 2017. MENELAAH KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH BUATAN GURU PADA PENCAPAIAN KELULUSAN SISWA. [ONLINE]. JPPM. VOLUME 4 NO 2. AVAILABLE : HTTPS://EJOURNAL.UNSRI.AC.ID/INDEX.PHP/JPPM/ARTICLE/VIEW/8213/0. [12 DESEMBER 2019 ].

BAHOUS, R, BACHA, N.N, & NABHANI, M. 2011. MOTIVATING STUDENTS IN THE EFL CLASSROOM : A CASE STUDY OF PERSPECTIVES. ENGLISH LANGUAGE TEACHING. PUBLISHED BY CANADIAN CENTER OF SCIENCE AND EDUCATION, 4(3):33 – 43. WWW.CCSENET.ORG/ELT.[12 DESEMBER 2019)


Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats