Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Estuning Dewi Hapsari

Abstract


Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang wajib dikuasai  oleh siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Hal tersebut dikarenakan hampir semua buku teks menuntut siswa untuk dapat membaca. Siswa yang tidak dapat membaca akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Siswa kesulitan dalam memahami perintah serta materi di dalam buku teks.  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research).  . Penelitian dilakukan di MI Plus Al Islam Dagangan tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data penelitian terbagi menjadi dua, yaitu data proses dan data hasil. Data proses dijadikan alat untuk mengukur kualitas proses pembelajaran. Sedangkan data hasil digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan membaca permulaan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 51,25,siklus II 71 dan siklus III sebesar 75,8.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.