Pengembangan Model Pembelajaran SVRK (Self-Video Recording and Kinesthetic) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Berbasis Potensi Pertanian Lokal

Imam Suhaimi, Indana Mardatilla

Abstract


Model pembelajaran SVRK (Self-Video Recording and Kinesthetic) adalah model pembelajaran bahasa yang dikembangkan oleh peneliti untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa pertanian. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan dan mendeskripsikan, (2) mendeskripsikan kelayakan, dan (3) mendeskripsikan model penggunaan produk dalam mata kuliah bahasa Inggris mahasiswa non jurusan Bahasa Ingris. Penelitian merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall. Langkah-langkah penelitin melitputi: (1) analisis potensi dan masalah, (2) mendesain produk, (3) mengumpulkan materi, (4) membuat produk awal, (5) melakukan uji ahli, (6) merevisi produk, dan (7) melakukan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas pertanian universitas se-Kota dan Kabupaten Kediri. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan menggunakan potensi pertanian lokal, dan melakukan evaluasi diri dengan baik.

Kata kunci: Model Pembelajaran SVRK,  Potensi Pertanian Lokal

 

Abstract

The SVRK (Self-Video Recording and Kinetic) learning model is a language learning model developed to achieve Self Regulated Learning of agricultural students in English based on local agricultural potential. The purpose of this study is (1) to produce and describe, (2) to describe feasibility, and (3) to describe the model of product use in learning English. This research is a development research that refers to the Research and Development (R & D) development model of Borg and Gall. The steps of research include: (1) analyzing potential and problems, (2) designing products, (3) collecting material, (4) making initial products, (5) conducting expert tests, (6) revising products, and (7) conduct field tests. The results of this research indicate that students are able to improve their English language skills by using local agricultural potential, and conduct self-evaluation well.

Keyword: SVRK Learning Model, Self-Regulated Learning, local agricultural potential

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2012). Pengembangan Model Konseling Behavior Dengan Tingkat Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Wanasari Brebes. Dalam Jurnal Bimbingan konseling, Volume 1, Nomor 1, November 2012, hlm. 21-26.

Baedowi, Ahmad. (2012). Calak Edu (Esai-Esai Pendidikan 2008-2012). Jakarta: Pustaka Alvabet.

Rahil, Eka. (2013). Motivasi Berprestasi dan Self-Regulated Learning (SRL). Dalam Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Volume 1, Nomor 2, Januari 2013, hlm. 66-75

Rasyid, Abdurrahman. (2016). Analisis Potensi Potensi Sektor Pertanian Kabupaten KediriTahun 2010-2014. Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 14, Nomor 02, Desember 2016, hlm. 100-111

Rose, Colin dan Nicholl, Malcolm J. (2002). Accelerated Learning for the 21st Century. Jakarta: Nuansa Yayasan Nuansa Cendikia

Samsudi. (2006). Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Suhaimi, Imam. (2017). Memberdayakan Kecerdasan Kinestetik Anak Untuk Budaya Literasi Bahasa. Dalam Jurnal Kredo, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017, hlm. 72-90

VandenBos, G. R. (2007). APA dictionary of psychology. Washington DC: American Psychological Association.

Woolfolk, A. (2008). Educational paycohology active learning edition (terj. Helly P.J., & Sri M. S 2009). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.