Ecriture Feminine dalam Tataran Penceritaan Novel The Powerbook Karya Jeanette Winterson

Nisa'ul Fithri Mardani Shihab, Aquarini Priyatna, Sri Rijati Wardiani

Abstract


Tulisan ini mendiskusikan tataran penceritaan dalam novel The Powerbook (2000) karya Jeanette Winterson dengan berfokus pada konsep ecriture feminine atau tulisan feminin, yang mengacu kepada struktur dan bentuk narasi. Jeanette Winterson adalah salah satu penulis perempuan dalam kesusastraan Inggris yang karyanya memperlihatkan bentuk tulisan feminin sebagai wacana tandingan terhadap falogosentrisme. Karya-karya Winterson memperlihatkan perbedaan dalam tataran penceritaan dari bentuk-bentuk penarasian konvensional. Dalam novel The Powerbook, bentuk tulisan feminin dalam tataran penceritaan ditunjukkan dalam bentuk narasi yang terfragmentasi yang hadir dalam tiga bentuk berbeda, yakni narasi narsisistik, penarasian publik dan demitologisasi sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk narasi yang ditampilkan di dalam novel meresistensi wacana falogosentris dengan menampilkan bentuk tulisan perempuan yang memanifestasi cara perempuan memaknai dunia.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v18i2.pp122-132


Full Text:

PDF

References


Cixous, H. Autumn,1981. Castration or Decapitation. (A. Kuhn, Ed.) Signs, Vol. 7, No. 1, 41-55.

Cixous, H. Summer, 1976. The Laugh of the Medusa. (K. Cohen, & P. Cohen, Eds.) Signs, Vol. 1, No. 4., 875-893.

Front, S. 2009. Transgressing Boundaries in Jeanette Wintersons Fiction. Didapatkan dari https://www.peterlang.com/view/product/63799

Hutcheon, L. 1980. Narcissistic Narrative The Metafictional Paradox. Ontario: Wilfrid Laurier University Press.

Irigaray, L. 1985. This Sex which is not One. This Sex which is not One, 23-33.

Kellaway, K. 2000, Agustus 27. Jeanette Winterson's new novel, The PowerBook, is a virtuoso trip into virtual reality. Diakses pada October 2016, dari The Guardian.

Kilic, M. . 2004, Desember. Demythologizing History: Jeanette Winterson's Fictions and His/Tories. Feminismo, 127-134.

Lanser, S. 1989. Towards Feminist Narratology. 453-469.

Mndez, F. C. 2010. The Limitless Self: Desire and Transgression in Jeanette Winterson's Oranges Are Not the Only Fruit and Written on the Body. Master Thesis, Universitat de Barcelona. Diakses pada November 2016, dari http://diposit.ub.edu/dspace/handle/2445/11225

Rossitsa Terzieva-Artemis. 2007. Desiring, or Simply Human: Jeanette Winterson's Written on the Body. Performing Identity/Crossing Borders: The Cyprus Symposium. Diakses pada November 2016, dari cicac.tru.ca/media/artemis_2007.pdf

Shihab, N. F. 2014. L'ecriture Feminine sebagai Wacana Tandingan dalam Tiga Novel Jeanette Winterson (Skripsi). Universitas Padjadjaran, Sastra Inggris. Jatinangor: Universitas Padjadjaran.

Showalter, E. 2000, September 2. Jeanette Winterson's The.Powerbook is lost in cyberspace. Diakses pada Oktober 2016, dari The Guardian: https://www.theguardian.com/books/2000/sep/02/fiction.jeanettewinterson1

Winterson, J. 2000. The PowerBook. London: Jonathan Cape.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.