Pemanfaatan Media Komik dan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Narasi pada Siswa Kelas X SMA YP Universitas Lampung

Ni Nyoman Wetty S, Iqbal Hilal

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah pembelajaran dengan memanfaatkan media komik dan media gambar sebagai stimulus membelajarkan menulis narasi. Tujuan penelitian mendeskripsikan hasil belajar menulis narasi berdasarkan media komik di kelas eksperimen 1 dan media gambar di kelas eksperimen 2. Metode penelitian dilakukam melalaui kegiatan eksperimen. Hasil pembelajaran di kelas eksperimen 1 dikomparasikan dengan hasil kelas eksperimen 2 untuk mngetahui keefektivan media yang dijadikan stimulus pembelajaran. Sumber data kelas X SMA YP Unila dengan perlakuan di kelas ISOS-3 sebagai eksperimen 1 dan di kelas kelas ISOS- 2 sebagai eksperimen 2. Teknik perolehan data melalui tes tertulis. Analisis data merujuk pada teori Miles dan Huberman dengan tahapan masa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan (1) antara kelas eksperimen 1 (komik) dan kelas eksperimen 2 (gambar) yang diberi perlakuan dalam penelitian ini, mengiditifikasikan ciri-ciri kelas yang memiliki homogenitas tinggi dilihat dari hasil belajar siswa dalam menulis narasi. Pembuktian tersebut dapat diketahui melalui indikator nilai rata-rata kelas, baik di eksperimen 1 maupun eksperimen 2, menunjukkan kategori baik; (2) ternyata komik lebih efektif daripada gambar sebagai sumber belajar menulis narasi. Hal ini dikuatkan oleh suatu pembuktian jumlah siswa yang mendapat kategori (baik dan baik selali) di kelas eksperimen 1 sebanyak (29) orang, sedangkan di kelas eksperimen 2 hanya (19) orang.

Kata kunci: pembelajaran, media, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alkhaidah, Subakti.2009. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga

Arysad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Dimyati dan Mudjiono 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Gani, Rizani. 1988. Pengajaran Sastra Indonesia Respon dan Analisis. Jakarta: Dikbud (Proyek Pengembangan LPTK)

Hamalik, Oemar. 1982. Media Pendidikan. Bandung: Alumni

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: FPBS IKIP University Press

Shadely, Hasan. 1990. Ensiklopedia Nasioal Indonesia. Jakarta: Ichran baru-Van Hoeve

Suparmo. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sujanto, J.Ch. 1988. Keterampilan Berbahasa Membaca-Menulis- Berbicara untuk Matakuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Dikbud (Proyek Pengembangan LPTK)

Standar Nasional Pendidikan. 2006. PPRI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika

Trimo.1997. Media Pendidikan. Jakarta Depdikbud

Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats