Tinjauan terhadap Problematika Pembelajaran Sastra Indonesia pada Pendidikan Formal

Mirnawati Mirnawati

Abstract


Pembelajaran sastra di lembaga pendidikan formal dari hari ke hari semakin sarat dengan berbagai persoalan. Tampaknya, pembelajaran sastra memang pembelajaran yang bermasalah sejak dahulu. Keluhan-keluhan para guru, siswa, dan sastrawan tentang rendahnya tingkat apresiasi sastra selama ini menjadi bukti kongkret adanya sesuatu yang tidak beres dalam pembelajaran sastra di lembaga pendidikan formal. Permasalahan itu muncul disebabkan beberapa faktor, rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah selama ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurikulum, guru, siswa, sarana prasarana, rendahnya pemahaman konsep tentang sastra. Berbagai solusi yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut di antaranya jadikan sekolah sebagai lahan sastra, pembelajaran yang Inovatif, membelajarkan sastra dengan pendekatan pragmatik sastra, bergerak dari praktik bersastra ke teori bersastra, peran lembaga penyedia guru dan pemberdayaan berkelanjutan, sistem evalauasi khusus sastra, penerapan dalam konteks di sekolah.

Kata kunci: pembelajaran, sastra, problematika, solusi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats