Teknologi dan Bisnis, Ancaman bagi Pendidikan Musik (Perubahan Paradigma Institusi Pendidikan Musik di Indonesia)

Riyan Hidayatullah

Abstract


Pendidikan merupakan akar dari segala permasalahan bangsa, tidak terkecuali pendidikan musik. Di negara-negara Eropa, pendidikan musik menjadi landasan penting dalam membangun karakter generasi muda untuk memajukan bangsanya. Di Indonesia, pendidikan musik masih berfungsi sebagai muatan lokal saja. Artikel ini membahas mengenai pergeseran paradigma pendidikan musik, pola pikir mahasiswa dan fakta yang terjadi di lapangan seputar dunia industri musik dan pendidikan musik. Metode penulisan dalam artikel ini menggunakan pendeskripsian kualitatif dan studi literatur. Data-data yang dikumpulkan dari makalah prosiding dan publikasi hasil penelitian. Tuntutan zaman saat ini menuntut seorang lulusan Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) memiliki kemampuan bermusik profesional, di sisi lain lulusan institusi musik murni dituntut untuk memiliki kemampuan mengajar yang baik. Hal ini lahir dikarenakan kurang maksimalknya treasure studi mengenai lulusan-lulusannya sendiri dan peenyusunan kurikulum yang belum bercermin dari kebutuhan lapangan. Di Indonesia, pulau Jawa masih menjadi pusat berkembangnya pendidikan musik dan industri musik. Hal ini dikarenakan belum meratanya lulusan-lulusan institusi musik pendidikan tinggi.

Kata kunci: LPTK Seni, Paradigma musik Indonesia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats